ENTERTAINMENTKesehatan

“Vidi Aldiano: Perjalanan Melawan Kanker Ginjal dan Kemoterapi Rutin”

BANDARJITU.NEWS – Penyanyi kondang Vidi Aldiano blak-blakan mengenai kanker ginjal yang diidapnya. Diketahui, belum lama ini ia sempat mengabarkan jika kanker yang diidapnya itu sudah menyebar. Sejak saat itu, kondisi kesehatannya pun disorot.

Vidi mengaku didiagnosis mengidap kanker ginjal pada 2019. Saat itu, ia menjalani operasi di Singapura untuk pengangkatan ginjal. Kanker yang diidap Vidi juga sempat diteliti dan hasilnya cukup ganas. Dokter di Singapura pun memintanya untuk melakukan check up secara rutin setiap 6 bulan.

Kanker ginjal adalah kondisi medis berupa tumbuhnya sel tidak normal dan ganas pada organ ginjal. Kanker yang tumbuh pada ginjal akan memengaruhi fungsinya dalam menyaring darah, memproduksi urine, serta mengontrol tekanan darah.

Jenis kanker ginjal yang paling umum adalah karsinoma sel ginjal (RCC), yang mencakup sekitar 90 persen dari seluruh kasus. Biasanya hanya satu ginjal yang terkena, namun dalam kasus yang jarang terjadi, kanker dapat berkembang di kedua ginjal.

Jenis lain yang kurang umum meliputi:

▪️ Karsinoma urothelial (juga disebut karsinoma sel transisional) yang dapat dimulai di ureter atau panggul ginjal tempat pertemuan ginjal dan ureter. Umumnya diobati seperti kanker kandung kemih.

▪️ Tumor Wilms, yang paling umum terjadi pada anak kecil meski masih jarang.

Diperkirakan lebih dari 4.600 orang terdiagnosis kanker ginjal pada tahun 2023. Rata-rata usia saat terdiagnosis adalah 65 tahun.

Penyebab Kanker Ginjal

Sampai saat ini penyebab kanker ginjal masih belum diketahui, namun beberapa faktor berikut ini dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi terkena kanker ginjal. Adapun faktornya, seperti:

▪️ Merokok, perokok memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker ginjal dibandingkan bukan perokok

Baca Juga  Hitungan Hamil 9 Bulan Berapa Minggu

▪️ Paparan di tempat kerja terhadap bahan kimia seperti arsenik, beberapa pembersih gemuk logam, atau kadmium yang digunakan dalam pertambangan, pengelasan, pertanian, dan pengecatan

▪️ Riwayat keluarga kanker ginjal

▪️ Kelebihan berat badan atau obesitas

▪️ Tekanan darah tinggi

▪️ Mengidap penyakit ginjal stadium lanjut

▪️ laki-laki/pria, lebih mungkin terkena kanker ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *