OlahragaSepak Bola

Timnas Indonesia Beri Vietnam Ranking FIFA Terburuk dalam Enam Tahun Terakhir

BANDARJITU.NEWS – Timnas Indonesia membuat Vietnam menderita tidak hanya di Piala Asia 2023 tetapi juga lebih luas lagi terkait peringkat mereka di ranking FIFA.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada laga Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024).

Gol tunggal Asnawi Mangkualam dari titik putih pada menit ke-42 memaksa pasukan Philippe Troussier mengepak koper mereka dan pulang dari Qatar lebih cepat.

Timnas Vietnam sudah dipastikan tak bisa melaju, bahkan sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, karena mereka tumbang 2-4 dari Jepang pada laga pertama.

Hal ini tentu pukulan mengingat Vietnam adalah tim Asia dengan peringkat FIFA terbaik sebelum turnamen dengan Nguyen Quang Hai dkk duduk di peringkat ke-94 dunia.

Dua kekalahan Vietnam ini sangat melukai tim di ranking FIFA.

Tim Golden Star mendapat penguarangan 6,5 poin menjadi 1229,08 poin setelah kalah dari Jepang, hasil yang membuat mereka turun ke peringkat ke-95.

Kekalahan kontra Garuda semakin memperburuk catatan Vietnam di kancah internasional dengan mereka dikurangi 23,19 poin karena menderita kekalahan dari tim yang berada 51 peringkat di bawah mereka di ranking FIFA. Dua kekalahan ini mengurangi perolehan poin Vietnam menjadi 1205,89 poin.

Hasil ini membuat Timnas Vietnam akan menduduki peringkat ke-100 dunia, posisi terburuk mereka sejak enam tahun terakhir atau ketika mereka menembus peringkat 100 dunia pada April 2018.

Kekalahan ini pun mendapat reaksi pilu dari salah satu pemain mereka, yakni geladnang tim Bui Hoang Viet Anh.

“Sebelum pertandingan (melawan Indonesia0, target tim adalah 3 poin,” tutur pemilik nomor punggung 20 tersebut.

“Di babak pertama, tim memiliki beberapa momen memalukan. Di babak kedua, kami berhasil merebut kembali inisiatif tetapi tidak berhasil memanfaatkannya.”

Baca Juga  India beats Australia 3-2 in mixed junior badminton tournament

Vietnam bisa meraih kembali poin-poin yang terhilang tersebut apabila menang atas Irak pada laga terakhir. Kemenangan akan membuat The Golden Star mendapatkan 21,74 poin.

Singa Mesopotamia sendiri telah dipastikan lolos sebagai juara grup sehingga ada kemungkinan bagi pelatih Jesus Casas menurunkan pemain-pemain lapis kedua pada partai terakhir.

 

 

 

 

SUMBER : KOMPAS.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *