Minggu IniPolitik

Timnas AMIN Berharap JK Turun Gunung Bantu Anies Kampanye

BANDARJITU.NEWS –  Jakarta Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Timnas AMIN) berharap Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla bisa turun kampanye untuk Anies-Cak Imin.

Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena mengaku pihaknya sangat menyambut baik dukungan JK untuk Anies-Cak Imin. Dukungan JK, kata Billy, akan sangat mempengaruhi elektoral Anies-Cak Imin di pilpres 2024.

“Kita berharap jika Pak JK berkenan tentu kita akan senang sekali ya jika beliau terlibat, bisa ikut turun ke lapangan,” ujar Billy di Markas Pemenangan AMIN di Kawasan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2023).

“Kita melihat itu tadi, efeknya akan luar biasa ke AMIN, ke simpatisan, dukungan ke parpol dan ke orang-orang yang akan mendukung AMIN,” kata Billy.

Billy tidak bisa memastikan apakah JK bakal bergabung dalam struktur Timnas AMIN. Sebab, hal tersebut menjadi kewenangan partai-partai pendukung Anies-Cak Imin untuk memutuskan.

“Kalau itu sih pembahasannya perlu dalam, perlu lebih terhadap kewenangan partai politik untuk membahas masalah tersebut,” kata Billy.

Billy juga belum bisa memastikan apakah bakal ada pertemuan antara Anies dengan Jusuf Kalla dalam waktu dekat setelah ada pernyataan dukungan resmi.

“Yang direncanakan, diagendakan belum. Cuma kalau ketemuan informal sih saya rasa tanpa diagendakan mereka bisa ketemu kapan pun,” kata Billy.

Menurut Billy, kedua tokoh itu sudah berhubungan saat Anies Baswedan masih berstatus Rektor Universitas Paramadina, sementara JK merupakan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI).

“Itu kan kantor PMI sama Paramadina itu sebelahan dan yang diceritakan Pak JK mereka sering sama-sama makan siang, sama-sama Jumatan,” kata Billy.

Timnas AMIN Yakin Dukungan JK Dongkrak Elektabilitas Anies-Cak Imin

Juru Bicara Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Timnas AMIN) Billy David yakin elektabilitas Anies-Cak Imin melonjak usai mendapat dukungan dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK).

Baca Juga  "Jumlah Penonton MotoGP Mandalika 2023 Tembus 103 Ribu"

“Tentunya kita melihat ini sebagai dampak punya efek elektoral,” ujar Billy.

Billy menilai JK merupakan tokoh politik senior Tanah Air. Selain itu, Billy juga yakin JK mampu mempengaruhi tokoh lainnya untuk ikut mendukung Anies dan Cak Imin.

“Saya rasa dari apa yang beliau putuskan sudah bisa meng-influence banyak orang untuk bisa memutuskan ataupun berani mendukung AMIN, khususnya Pak Anies, akan jadi momentum dukungan spiritual,” kata Billy.

Selain itu, Billy berpandangan dukungan JK akan berdampak bagi suara Anies-Cak Imin di Indonesia timur.

“Karena kan beliau juga tokoh Bugis, tokoh Makassar. Kita berharap juga arah dukungan Indonesia timur, khususnya dari Makassar ke timur akan makin solid ke AMIN,” ucap Billy.

Billy menyebut hubungan antara Anies Baswedan dengan Jusuf Kalla juga berjalan dengan baik. Menurut Billy, keduanya sudah memiliki hubungan akrab sejak lama.

“Perlu kita tegaskan dari awal hubungan Pak JK dan Pak Anies kan melintasi zaman dari dulu sekali,” kata Billy.

JK: Saya Sudah Lama Mendukung Anies

Wapres ke-10 dan ke-12 yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla akhirnya mengungkapkan arah dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Cak Imin.

Penyampaian dukungan tersebut disampaikan JK saat menjadi pembicara di depan Juru Bicara Kampung AMIN bersama Wakil Ketua Timnas AMIN Sudirman Said di Islamic Centre IMMIM Makassar, Selasa malam (19/12/2023).

JK mengungkapkan banyak pertanyaan kepada dirinya soal dukungan di pilpres 2024. Ia menyebut kedatangannya di Makassar benar-benar menyampaikan pikirannya untuk dukungan calon presiden.

“Saya datang dan ditanya apa sikap Bapak di Makassar ini? Saya betul-betul menyampaikan sikap saya, mudah-mudahan ada manfaatnya,” tegas Jusuf Kalla.

Baca Juga  Tidak Gabung TPN Ganjar, JK : Saya Ketua PMI Harus Netral

JK mengakui mendukung Anies Baswedan secara pribadi. Meski demikian JK mengaku memiliki batasan.

“Saya sebenarnya sudah lama mendukung Anies secara pribadi. Tapi karena saya Ketua PMI memiliki batasan,” ujar JK.

JK Dukung Anies-Cak Imin, TPN Ganjar-Mahfud Tidak Khawatir

Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arwani Thomafi, mengatakan pihaknya tidak khawatir atas dukungan JK ke pasangan Anies-Cak Imin. Sebab, pihaknya telah mempetakan tokoh-tokoh yang telah mendukung Ganjar-Mahfud.

“Tidak, kami punya gambaran ya, sosok ataupun juga peta tokoh-tokoh yang ada. Kami sudah membuat figura yang pas,” kata Arwani kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

“Ini figuranya, di mana posisinya, tokoh ini di mana, saya kira kita sudah punya ya,” ujar Arwani.

Arwani mengaku senang jika mantan Ketua Umum Partai Golkar itu telah menentukan sikap politiknya di pilpres 2024. Namun, Arwani menilai dukungan JK tersebut tidak mengkhawatirkan dan melemahkan posisi Ganjar-Mahfud.

“Kita fokus pada bagaimana menyambungkan antara apa yang ditawarkan Pak Ganjar-Mahfud dengan apa yang diinginkan oleh rakyat, oleh para pemilih. Sudah, itu fokus kita,” jelas Arwani.

“Kita sudah pernah punya Pak Ganjar di Jawa Tengah menang dua kali. Kita punya pengalaman teman-teman di PDI Perjuangan. Sudah punya banyak pengalaman memenangkan pilkada, memenangkan pilpres kemarin dan sebagainya. Intinya tadi, rakyat yang memilih dan yang menentukan,” imbuh Arwani.

 

 

 

SUMBER : LIPUTAN6.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *