Otomotif

Tempuh 220 km Surabaya-Bromo dengan All New Toyota Yaris Cross Hybrid

BANDARJITU.NEWS Jakarta (ANTARA) – Sejak diluncurkan di Indonesia Mei lalu, All New Toyota Yaris Cross gencar diujicobakan untuk pembuktian performanya. Usai menggelar uji kendara di track yang direkayasa di Toyota Driving Experience, Sunter, Jakarta kemudian di kawasan BSD, Tangerang, Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini mengajak media menjajal SUV kompak itu di Jawa Timur.

TAM merilis All New Toyota Yaris Cross dalam dua varian, bensin dan juga hybrid, yang diklaim menyajikan tenaga responsif, kabin yang senyap, hemat konsumsi bensin, dan juga emisi yang rendah.

Dalam uji kendara di Jawa Timur, kami mengambil rute Surabaya, Sidoarjo, Bangli, Pasuruan, Probolinggo, Cemoro Lawang, Bromo, dan bermalam di Batu dengan menempuh jarak kurang lebih 220 km.

Perjalanan kali ini menggunakan All New Yaris Cross Hybrid varian tertinggi, yakni 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package. Varian yang sama dari yang pernah kami coba kendarai di test drive sebelumnya namun di medan yang berbeda.

Baca juga: Menjajal All-new Yaris Cross, medium SUV berbanderol hingga Rp449 juta

“Test driver tidak perlu bingung memikirkan mekanisme kerjanya karena sudah dikendalikan secara otomatis oleh Toyota Hybrid System (THS) yang canggih. Pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak dan bertenaga, menghasilkan linier performance pada motor listrik yang semakin kuat dan intuitif, namun lebih hemat bensin, hening, dan zero emission ketika beroperasi,” kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Pesaing dari Hyundai Creta dan juga Honda HR-V ini, banyak memberikan kesan positif yang kami temukan selama perjalanan. Perjalanan pertama, ANTARA berkesempatan untuk menjadi penumpang di bagian depan.

Berada di kursi depan samping kemudi, kami merasa bahwa insinyur Toyota tampaknya sudah bekerja dengan sangat cermat. Klaim mereka yang mengatakan bahwa kendaraan ini menghadirkan kabin yang lega terbukti adanya.

Tidak hanya untuk penumpang di bagian depan, penumpang bagian belakang juga merasakan hal yang sama meskipun perjalanan yang kami tempuh cukup jauh dan medan jalan beragam.

Segala kemudahan bagi penggunanya juga sudah ditemukan di kendaraan ini, seperti hadirnya fitur Power Back Door with Kick Sensor. Fitur ini sangat membantu pengguna yang hendak memasukkan barang berukuran besar tanpa harus menurunkan barang bawaan untuk membuka bagasi bervolume 485 liter di kendaraan ini.

Pengguna cukup menjulurkan ujung kaki ke bawah bagasi dan menyapukannya untuk merangsang sensor merespons dan membuka pintu bagasi secara otomatis.

Tapi perlu diingat, untuk memanfaatkan fitur ini, pintu Yaris Cross harus dalam keadaan terkunci, jika tidak maka fitur ini tidak akan bekerja secara otomatis. Jadi, sebelum memasukkan barang bawaan besar yang Anda jinjing dengan kedua tangan, pastikan pintu kendaraan terkunci. Jadi, Anda bisa dengan mudah menyapukan ujung kaki ke bawah bagasi dan bisa memasukkan barang bawaan tanpa harus menaruh barang terlebih dahulu karena bagasi terbuka secara otomatis.

Baca juga: Yaris Cross hybrid sudah kantongi 1.000 lebih SPK

Kembali ke bagian dalam, mobil ini sudah suport dengan wireless charger dan konektor USB0B dan juga C. Selain itu, untuk bagian pengemudi sudah bisa mengatur posisi duduknya dengan Electric Seat Adjuster yang dilapisi dengan bahan kulit sintetis yang dilengkapi dengan teknologi Quole Modure untuk menghalau panas berlebih saat berkendara jarak jauh.

Baca juga: Toyota Yaris Cross meluncur global di Indonesia tawarkan varian hybrid

Baca juga: Toyota perkenalkan Yaris 2023, tampil lebih sporty
Lincah

Dalam rute perjalanan yang dihadirkan pada pengujian kali ini, kami banyak menemui jalur yang menanjak. Terlebih ketika memasuki kawasan Gunung Bromo. Jalanan yang menanjak tidak bisa dihindarkan.

Meski begitu, kendaraan medium SUV 5-seater atau boleh disebut crossover ini bisa diandalkan pada saat menemui jalur menanjak. Yang kami rasakan, ketika pedal gas diinjak lebih dalam kedua pembangkit dayanya akan berkolaborasi untuk memberikan tenaga dan torsi gabungan yang besar. Sehingga, bukan menjadi masalah saat menemui tanjakan yang terjal.

Fitur bantuan mengemudi Vehicle Stability Control (VSC) juga memberikan kemudahan kepada pengemudi untuk mengendalikan kendaraan pada saat kondisi menikung dengan kecepatan yang tinggi.

Dengan sejumlah perubahan dibanding Toyota Yaris sebelumnya, seperti ground clearence yang sudah cukup tinggi yakni mencapai 212 mm dan wheelbase mencapai 2.620 mm membuatnya mudah melewati jalanan menanjak dan tentu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Meski digunakan di berbagai jalan yang banyak menanjak, mobil lima penumpang ini bisa dibilang cukup irit. Pasalnya, dengan jarak tempuh ratusan kilo meter, konsumsi bahan bakar mobil hybrid ini mencatatkan angka 18.5 km/l.

Hal itu juga terjadi berkat teknologi Toyota yang memberikan kemampuan charging baterai hybrid yang cepat dan efektif, serta motor listrik bisa bekerja lebih lama.

Cara kerja dari EV Mode ini yang kami rasakan tidak lebih dari mencapai kecepatan di atas 50km/h. Untuk bisa menggunakannya, pengendara juga harus memperhatikan gaya berkendara.

Baca juga: TKDN Toyota Yaris Cross capai 80 persen

Untuk menggunakan EV Mode ini, pengendara harus menginjak pedal gas tidak terlalu dalam. Pengguna disarankan untuk melakukan penginjakan pedal gas lebih santai atau berakselerasi secara bertahap dan perlahan.

Mobil yang dibanderol Rp449 juta ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang canggih dan terkini seperti fitur Hill Start Assist (HSA), lalu terdapat juga fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang sanggup mereduksi jarak pengereman dan mobil tetap terkendali.

Untuk memastikan keamanan pengendara dan penumpangnya, di mobil ini sudah disisipkan enam airbags. Sehingga, pengguna All New Toyota Yaris Cross merasa aman dan nyaman ketika mengendarai kendaraan tersebut.

Dari berbagai kelebihan itu, ada satu hal yang kami rasakan sedikit “mengganggu” yakni suara gerung dari mesin mobil ini yang terdengar hingga ke dalam kabin. Tapi, selebihnya, kendaraan ini banyak memberi hal positif, baik dari tenaga, fitur, hingga konsumsi bahan bakar.

Di Indonesia, mobil hybrid 5 penumpang ini dihadirkan dalam enam varian sebagai opsi menyesuaikan dengan selera pecintanya, yakni All New Yaris Cross 1.5 G M/T yang dibanderol Rp351 juta, All New Yaris Cross 1.5 G CVT Rp364 juta, All New Yaris Cross 1.5 S CVT Rp407,700 juta.

Kemudian All New Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package dengan harga Rp417 juta, All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT Rp440,600 juta dan yang tertingginya All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package dipatok Rp449,950 juta.

Sumber : https://otomotif.antaranews.com/

Baca Juga  Maeving Rencana Ekspansi Kendaraan Listriknya Ke Amerika Serikat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *