HighlightsKesehatan

Tanda Tak Terduga Serangan Jantung, Jangan Diabaikan!

BANDARJITU.NEWS – Serangan jantung ditakuti banyak orang lantaran selain memiliki risiko fatalitas yang tinggi, penyakit ini kerap kali datang mendadak tanpa menimbulkan aba-aba berupa gejala lebih dulu. Namun sebenarnya, ada sejumlah gejala yang umumnya muncul sebelum seseorang terkena serangan jantung. Di antaranya, yakni perubahan pada napas.
Ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap potensi serangan jantung. Di antaranya yakni penyakit jantung koroner (PJK), yakni penyakit yang mempengaruhi arteri koroner di jantung sebagai jalur vital yang membawa darah ke jantung dan menjaga tubuh tetap berfungsi.

Penyakit jantung koroner terjadi jika ada sumbatan pada arteri koroner, yang umumnya disebabkan oleh penumpukan zat lemak. Seiring waktu, imbas tumpukan ini, dinding arteri menjadi penuh dengan timbunan lemak. Hal ini bisa dipicu oleh sejumlah faktor gaya hidup seperti kebiasaan minum alkohol dan merokok.

Gejala penyakit jantung koroner ini bisa berbeda pada setiap orang. Bahkan pada banyak kasus, pasien sama sekali tidak menyadari adanya gejala sampai akhirnya serangan jantung terjadi. Namund diketahui, salah satu gejala penyakit jantung koroner paling sering muncul adalah sesak napas.

Sayangnya, gejala sesak napas ini seringkali disalahartikan sebagai penyakit lain seperti asma, atau akibat dari kebugaran yang buruk. Walhasil banyak orang mengira, gejala sesak ini tak perlu dianggap serius.

Gejala penyakit jantung koroner lainnya meliputi:

  • Nyeri dada (angina)
  • Sesak napas
  • Rasa sakit di sekujur tubuh
  • Tubuh lemah
  • Mual

 

 

 

SUMBER : DETIK.COM

Baca Juga  Ganjar Tegaskan Tak Perlu Antisipasi Jika Jokowi Turun Kampanye: Kita Bukan Takut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *