MotoGPOlahraga

Sprint Race MotoGP San Marino: Martin Menang, Bagnaia Berjuang untuk P3

BANDARJITU.NEWSJorge Martin melanjutkan tren positif dalam MotoGP San Marino, di Misano, Sabtu (9/9/2023). Pembalap Pramac Racing itu mengalahkan sesama pembalap Ducati, Marco Bezzecchi, dalam Sprint Race.

Martin memimpin sejak awal, dan meskipun pembalap VR46 Racing mencoba melakukan perlawanan setelah melewati Francesco Bagnaia di posisi kedua. Pembalap Spanyol itu mampu bertahan untuk meraih podium keduanya secara beruntun.

Jauh dari kata mudah bagi pembalap pabrikan Ducati, yang sempat dilewati Bezzecchi di awal sesi sebelum akhirnya harus menahan laju pembalap wild card KTM, Dani Pedrosa, dan Brad Binder, yang sempat melesat dari posisi ketujuh.

Dengan Martin mendapatkan posisi terdepan, Pedrosa berhasil naik satu peringkat, menyalip pembalap Aprilia, Maverick Vinales, untuk menempati P4. Sementara, Binder yang berada di belakangnya turun tiga tingkat ke posisi ke-10.

Martin sudah unggul 0,5 detik dari Bagnaia di lap kedua. Sang juara dunia kemudian melebar untuk memberi jalan kepada Bezzecchi, yang sedang berjuang dengan tangan yang cedera.

Di belakang, Brad Binder berhasil melewati Marc Marquez dari Honda, Aleix Espargaro (Aprilia) dan Luca Marini (VR46) untuk berada di urutan keenam.

Rider KTM itu kemudian mencoba menyalip Vinales di Tikungan 6, namun terpaksa mundur karena pembalap Aprilia itu melakukan pertahanan yang kuat.

Bezzecchi memangkas jarak dengan Martin dari satu detik menjadi 0,5 detik di lap keempat, dan kembali unggul 1,8 detik dari Bagnaia.

Binder melewati Vinales di lap keenam saat ia melanjutkan aksinya. Sementara, Joan Mir dijatuhi long lap penalty karena melebihi batas lintasan sebelum menerima penalti kedua karena gagal menjalani lap pertama dengan baik.

Jarak antara Martin dan Bezzecchi menjadi stabil sekitar 0,7 detik pada pertengahan balapan, sementara di belakangnya Alex Marquez (Gresini) berhasil melewati Marc di urutan kesembilan, yang merupakan posisi terakhir dalam perolehan poin.

Baca Juga  Perkembangan Klasemen Medali Asian Games 2023: Prestasi Tim Indonesia

Dengan lima lap tersisa, Pedrosa makin dekat dengan Bagnaia, dengan selisih waktu 0,4 detik pada lap kedelapan saat Bezzecchi terhenti ketika mengejar Martin.

Pertarungan sengit untuk memperebutkan posisi ketiga pun terjadi, dengan Binder berhasil menyalip Pedrosa saat duo KTM ini bertarung untuk mendekati Bagnaia.

Meskipun mengalami memar parah di kaki kanannya setelah kecelakaan akhir pekan lalu, Pecco berhasil menahan kedua pembalap tersebut untuk meraih podium.

Pedrosa terus menempel Binder untuk meraih hasil terbaiknya sejak Valencia 2017, dengan Vinales finis P6 di depan Marini. Espargaro berada di urutan kesembilan, di depan Marquez bersaudara.

Franco Morbidelli awalnya gagal keluar dari grid dengan motor Yamaha. Meskipun berhasil melaju, dia juga dijatuhi long lap penalty karena melebihi batas lintasan, yang berubah jadi penalti tiga detik karena gagal melakukannya.

Pol Espargaro mengalami nasib yang sama, begitu pula Mir dan pebalap penguji Honda Stefan Bradl, sementara pebalap Pramac Johann Zarco turun satu posisi ke P14 usai melewati batas lintasan di lap terakhir.

Kemenangan Martin memangkas keunggulan Bagnaia di klasemen sementara dari 50 poin menjadi 45 poin dengan delapan putaran tersisa setelah akhir pekan ini.

Sumber : https://id.motorsport.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *