Minggu IniViral

“Serangan Israel di Bawah Masjid Tepi Barat, Satu Orang Tewas”

BANDARJITU.NEWS – Israel menyerang sebuah kompleks di bawah sebuah masjid di Tepi Barat pada Minggu. Kompleks tersebut disebut oleh militer Israel digunakan oleh militan untuk mengatur serangan.

Petugas medis Palestina mengatakan setidaknya satu orang tewas dalam insiden itu (22/10/2023).

Serangan udara Israel setidaknya merupakan yang kedua dalam beberapa hari terakhir yang menghantam Tepi Barat. Israel menyebut kompleks di bawah Masjid al-Ansar, di kamp pengungsi Jenin, merupakan milik agen Hamas dan Jihad Islam Palestina yang bertanggung jawab atas serangan dalam beberapa bulan terakhir.

“Intel baru-baru ini menerima informasi yang mengindikasikan bahwa para militan, yang telah dinetralisir, sedang mengorganisir serangan teror dalam waktu dekat,” kata militer dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel merilis gambar yang disebut menunjukkan pintu masuk ke bunker di bawah masjid. Militer Isarel juga merilis sebuah diagram yang dikatakan menunjukkan di mana para militan menyimpan senjata.

Kamp pengungsi Jenin, markas militan Palestina, menjadi fokus operasi militer besar Israel awal tahun ini.

Rekaman di media sosial menunjukkan lokasi serangan udara yang menunjukkan lubang menganga di salah satu dinding luar masjid, dikelilingi puing-puing. Beberapa lusin warga Palestina terlihat menilai kerusakan yang terjadi, sementara sirene ambulans berbunyi di latar belakang.

Layanan ambulans Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan setidaknya satu warga Palestina tewas dan tiga lainnya terluka. Sebelumnya disebutkan bahwa dua orang tewas.

Penghuni kamp tersebut mengatakan mereka menerima peringatan dari militer Israel untuk menjauhi para militan karena akan ada serangan ke dalam kamp. Mereka mengatakan militer tidak menentukan tanggalnya.

Pejabat Palestina mengatakan sejak serangan Hamas pada 7 Oktober atau dua minggu pemboman mematikan Israel di Gaza, setidaknya 84 warga Palestina di Tepi Barat tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel.

Baca Juga  Memanas! Hizbullah Serang Tentara Israel Pakai Drone-Rudal

Pada hari Kamis, militer Israel mengatakan pihaknya menyerbu dan melakukan serangan udara di sebuah kamp pengungsi dekat pusat kota Tulkarem. Militer mengatakan penggerebekan itu bertujuan untuk menangkap tersangka dan menyita senjata. Pihak Palestina mengatakan sedikitnya 12 orang tewas.

Serangan Mengejutkan Warga

Serangan udara Israel terhadap kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat merupakan serangan ‘mengejutkan’. Akan tetapi tampaknya masih ada serangan lain yang akan terjadi.

“Saksi mata berbicara kepada kami dan mengatakan mereka melihat jet tempur F di langit, mereka mendengarnya dan kemudian tentara Israel keluar untuk memastikan bahwa itu adalah serangan udara,” kata Khairat langsung dari Ramallah.

Serangan udara tersebut menargetkan sebuah masjid yang terkait dengan Brigade Jenin, yang dicap sebagai ‘kelompok teroris bawah tanah’ oleh Israel.

Satu orang dipastikan tewas, namun lebih banyak lagi yang mungkin ditemukan setelah puing-puing dibersihkan.

Setelah serangan itu, beberapa warga menerima pesan teks di handphonenya yang berisi peringatan untuk menghindari berkolaborasi dengan Brigade Jenin, salah satu kelompok terbesar dan terpopuler di Tepi Barat. Pesan-pesan itu juga mengatakan agar anak-anak tetap di dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *