OlahragaSepak Bola

Senegal Desak FIFA Diskualifikasi Prancis dari Piala Dunia U-17 2023

BANDARJITU.NEWS-Jakarta Senegal tidak terima dikalahkan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Senegal mengajukan protes resmi meminta FIFA untuk mendiskualifikasi Prancis dari ajang yang digelar di Indonesia itu karena ada pelanggaran pada salah satu pemain yang dipakai.

Seperti diketahui pada Rabu 22 November 2023, Senegal harus terhenti langkahnya di babak 16 besar. Senegal kalah adu penalti dari Prancis setelah sebelumnya bermain imbang tanpa gol di waktu normal pada laga yang berlangsung di Jakarta International Stadium.

Senegal rupanya menemukan celah yang bisa membuat Prancis didepak dari Piala Dunia U-17 2023. Senegal langsung menggirimkan surat kepada direktur kompetisi Piala Dunia U-17 2023 seusai pertandingan.

Yang dipermasalahkan Senegal adalah pemain Prancis Yanis Ali Issoufou Abdoulkhadre. Rupanya Yanis sebelumnya pernah membela timnas U-17 Niger di Kualifikasi Piala Afrika U-17 2023. Sebagaimana diketahui Piala Afrika U-17 2023 ini merupakan ajang meraih tiket berlaga ke Piala Dunia U-17 2023.

Senegal menyadari betul Yanis merupakan pemain yang sama yang memperkuat Niger di babak kualifikasi. Mereka memiliki bukti kuat yang juga dilampirkan dalam protes resmi.

Negara Sadio Mane ini melaporkan Prancis karena menurut mereka ada aturan FIFA yang mana pemain tidak boleh membela dua negara berbeda di turnamen resmi pada kategori yang sama dan kompetisi yang sama.

Prancis Dituduh Melanggar Statuta

Yanis main di level U-17 saat bersama Niger dan Prancis. Dia juga memperkuat Niger dalam kompetisi yang muaranya adalah tiket berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Jika Yanis memilih pindah negara yang dibela maka dia baru bisa dimainkan oelh Prancis pada ajang level U-18 ke atas.

Baca Juga  FIBA 2023: Latvia vs Brasil – Pertempuran Menuju Perempatfinal

Senegal berpegang teguh pada aturan bahwa setiap pemain yang ikut Piala Dunia U-17 2023 harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan di Statuta FIFA, Peraturan Pelaksana Statuta FIFA, dan peraturan FIFA lainnya yang berlaku.

Surat Resmi Senegal ke Direktur Kompetisi Piala Dunia U-17 2023

Karena Prancis menurunkan pemain yang tidak sesuai syarat dan melanggar, Senegal meminta keadilan ditegakan dengan dengan mendiskualifikasi lawannya itu.

Senegal berharap bisa menggantikan Prancis ke babak perempat final Piala Dunia U-17 2023. Surat resmi Senegal ini dibocorkan oleh LeSportif di Twitter pada Kamis (23/11/2023) pagi WIB.

FIFA sendiri hingga berita ini diturunkan belum memberikan respons atas permintaan Senegal ini.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *