OlahragaSepak BolaUncategorized

Ranking FIFA, Timnas Indonesia Tergeser dari Peringkat 145 Dunia

BANDARJITU.NEWSFIFA baru saja mengeluarkan peringkat terbaru tim nasional sepakbola di seluruh dunia pada bulan November. Dalam daftar tersebut, Timnas Indonesia mengalami penurunan satu peringkat, sehingga saat ini mereka berada di peringkat 146, berbeda dengan posisi sebelumnya yang ada di peringkat 145.

Tidak mengherankan, mengingat tim Garuda tidak berhasil meraih kemenangan dalam dua pertandingan yang mereka jalani bulan ini.

Irak berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 1-5 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 pada tanggal 16 November. Sementara itu, dalam pertandingan kualifikasi berikutnya melawan Filipina pada tanggal 21 November, pasukan Garuda hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang lawan.

Dengan perolehan tersebut, Indonesia hanya meraih tambahan poin sebesar 16,95, sehingga total poin mereka menjadi 1.069,82. Meskipun demikian, jumlah poin tersebut belum cukup untuk menggeser posisi Suriname yang berada di peringkat ke-144 dengan total poin 1.071,85.

Sebaliknya, negara tetangga Indonesia di kawasan Asia Tenggara, yaitu Malaysia, mengalami lonjakan signifikan dalam peringkat FIFA bulan ini. Dengan Kim Pan-gon sebagai pelatih, tim tersebut berhasil meningkatkan peringkatnya sebanyak 7 posisi dan saat ini berada di peringkat ke-130 dalam peringkat FIFA.

Pada laporan resmi tanggal 30 November 2023, FIFA mencatat bahwa Malaysia, Komoro, dan Uruguay adalah tiga negara yang paling signifikan mengalami peningkatan peringkat mereka.

Pada sisi lain, dalam peringkat sepuluh besar, Argentina masih mempertahankan posisi puncaknya, diikuti oleh Prancis di peringkat kedua, dan Inggris yang mengalami peningkatan satu peringkat dan kini berada di peringkat ketiga.

Masih Bisa Memperbaiki Peringkat

Timnas Indonesia masih bisa meningkatkan peringkat FIFA mereka dengan menampilkan performa yang mengejutkan dalam Piala Asia 2023. Mereka ditempatkan di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak dalam turnamen tersebut.

Piala Asia 2023 diselenggarakan di Qatar dari tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Dengan pertimbangan bahwa Tim Garuda akan menghadapi lawan-lawan yang tidak bisa dianggap remeh, tentu diperlukan persiapan yang sangat matang.

Ketum PSSI Ambisi Bawa Indonesia Tembus 100 Besar

Erick Thohir, yang menjabat sebagai ketua BUMN, pernah menyampaikan aspirasi besar untuk mengangkat posisi Indonesia ke dalam 100 besar peringkat dunia setelah sukses menyelenggarakan turnamen bergengsi untuk pemain muda, yakni Piala Dunia U17 2023.

“Dalam jangka pendek, target kami adalah masuk dalam peringkat 100 besar dunia,” ucapnya dikutip disitus FIFA.

“Membawa Piala Dunia U-17 FIFA ke Indonesia adalah langkah bagi kami untuk mulai membenahi sepak bola Indonesia,”

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *