PekerjaanUnggulan

Progres Pembangunan KIPP IKN, Persiapan Upacara HUT RI 2024

BANDARJITU.NEWSNusantara Pembangunan infrastruktur kota dan gedung pusat pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berjalan. Percepatan pembangunan terutama dilakukan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Rencananya, KIPP IKN akan dipersiapkan sebagai lokasi Upacara Kenegaraan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Tim Liputan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkesempatan melihat langsung progres pembangunan KIPP IKN. Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Perizinan IKN Otorita IKN, Muhammad Agung Syahputra menjelaskan pembangunan komplek istana negara dan kantor-kantor kementerian sudah mencapai tahap pembangunan 63 persen.

“Bisa di lihat di sini, pembangunan istana negara dan empat kantor kementerian koordinator terus berjalan. Sudah terlihat konstruksi gedung-gedungnya. Kalau dari luar, memang terlihat masih hutan saja. Tapi di dalam, sudah semasif ini pembangunannya,” terang Muhammad Agung Syahputra, Jumat (12/1/2024).

Progres Pembangunan KIPP IKN

Bahkan desain istana negara berbentuk garuda sudah nampak terlihat. Agung menerangkan bangunan utama di KIPP IKN itu di kelilingi oleh kantor-kantor kementerian koordinator. Di tengah-tengah, akan dibuat danau yang dialiri dari bendungan sepaku semoi.

“Jadi nanti istana negara dan kantor kementerian berada di satu kawasan yang terkoneksi. Setiap pegawai nanti jalan kaki saja dari kantor ke kantor. Melintasi jembatan-jembatan kecil di tengah danau,” terangnya.

Infrastruktur Dasar IKN Tahap 1

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang menargetkan pembangunan infrastruktur dasar IKN Tahap 1 di Kalimantan Timur, termasuk bangunan kantor pemerintahan KIPP selesai pada 2024.

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga dikutip dari laman resmi PUPR Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga  Bocoran Terbaru Galaxy S24 Series: Layar Lebih Besar Dan Kamera 200MP

Pengerjaan Jalan Tol Menuju KIPP IKN

Sejumlah infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN. Saat ini tengah diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke KIPP IKN.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung pada Juli 2024.

Progres Pembangunan KIPP IKN

Danis mengatakan pembangunan IKN merupakan kesempatan yang baik untuk menata kota sesuai dengan teori, aturan, dan visi pembangunan kota Nusantara sebagai Smart Forest City.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *