Unggulan

President University Buka Beasiswa, Bebas Biaya Kuliah Selama 9 Semester

BANDARJITU.NEWS-Jakarta Beasiswa menjadi salah satu bentuk bantuan finansial yang diberikan kepada individu untuk melanjutkan pendidikannya. Tujuan utama beasiswa adalah memberikan kesempatan kepada siswa atau calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang mengalami keterbatasan keuangan.

Biasanya, beasiswa diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan, pemerintah, universitas, atau suatu organisasi untuk membantu dan mendorong potensi individu dalam memajukan pengetahuan dalam berbagai bidang.

President University memberikan beasiswa S1 Kawasan Industri Jababeka atau Beasiswa Jababeka yang diperuntukkan bagi siswa atau siswi lulusan SMA atau sederajat yang berprestasi secara akademik dan non-akademik dengan usia 17-21 tahun. Beasiswa ini diberikan tanpa mempertimbangkan latar belakang status sosial ekonomi pendaftar.

Dilansir dari laman resmi President University pada Sabtu (23/12/2023), Beasiswa Jababeka akan memberikan subsidi biaya uang kuliah (tuition fee) selama 9 semester (kecuali Artitektur 11 semester) sampai lulus menjadi Sarjana S1.

Beasiswa Jababeka dirangcang khusus untuk memungkinkan mahasiswa President University lulus tepat waktu (3 tahun 4 bulan), atau lulus lebih cepat mengikuti Kurikulum Kampus Merdeka (memungkinkan lulus 3 tahun). Beasiswa ini tidak dikaitkan dengan naik atau turunnya prestasi IPK saat kuliah di President University, kecuali untuk penerima beasiswa Rank-1. Sebelum mendaftar Beasiswa Jababeka, Anda perlu mengetahui kategori dalam pemerolehan beasiswa yang terdiri dari beberapa rank.

  1. Rank-1 akan mendapat beasiswa 100 persen
  2. Rank-2 akan mendapat beasiswa 75 persen.
  3. Rank-3 akan mendapat beasiswa 70 persen.
  4. Rank-4 akan mendapat beasiswa 60 persen.
  5. Rank-5 akan mendapat beasiswa 50 persen.

Syarat dan Prosedur Beasiswa Jababeka 2024

Syarat Beasiswa Jababeka 2024

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berbadan sehat, bebas dari narkoba.
  2. Berlaku bagi calon lulusan SMA atau sederajat, pada tahun berjalan, atau maksimal 2 tahun sebelum tahun akademik perkuliahan dimulai.
  3. Nilai mata pelajaran (1) Matematika, (2) Bahasa Indonesia, (3) Bahasa Inggris di rapor minimal 80 pada kelas X dan XI (semester 1 – 4).
Baca Juga  Tabrakan Adu Banteng KA Turangga dengan KA Bandung Raya

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Jababeka 2024

  1. Melakukan pendaftaran secara online pada situs resmi President University.
  2. Tidak ada biaya pendaftaran online.
  3. Pastikan data diri diinput dengan jelas dan terperinci (Nama lengkap, Email, Nomor Handphone, dan Alamat Rumah)
  4. Unggah rapor secara online, kelas X dan XI (semester 1-4)
  5. Masukan nilai rapor secara online, kelas X dan XI (semester 1-4) mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  6. Apabila terdapat 2 nilai angka (Keterampilan vs Pengetahuan), atau (Wajib vs Minat) harap bandingkan kedua angka tersebut, pilihlah angka yang paling tinggi yang diinput pada Formulir Pendaftaran Online.
  7. Nilai Rapor yang diinput harus benar dan sesuai dengan nilai rapor (soft copy yang dikirim).
  8. Mohon diperhatikan 11 digit nomor registrasi, akan berlaku sebagai nomor rekening Virtual Account (VA).
  9. Cek formulir pendaftaran online sebelum menekan tombol “Submit”.

Beasiswa Jalur Rapor dan Prestasi President University

Selain beasiswa Jababeka, calon mahasiswa juga dapat mendaftarkan dirinya untuk masuk President University melalui jalur rapor dan prestasi. Jalur rapor merupakan jalur yang digunakan untuk masuk President University tanpa melalui tes, dengan memenuhi syarat dan ketentuan adminitrasi yaitu nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di rapor minimal 80 pada kelas X dan XI (semester 1-4).

Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur yang digunakan untuk masuk President University berdasarkan prestasi non-akademik (olahraga, seni, dan sosial budaya) berupa sertifikat, medali, dan piala hasil kejuaraan atau kompetensi minimum di tingkat nasional atau internasional, serta memenuhi standarisasi nilai masuk President University tanpa melalui tes, dengan memenuhi syarat dan ketentuan administrasi.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *