Minggu IniPolitik

Prabowo Berpeluang Besar Menang di Jakarta Karena Gibran

BANDARJITU.NEWS – Bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto disebut memiliki peluang menang lebih besar di DKI Jakarta pada Pemilu 2024.

Peluang kemenangan itu karena ada sosok Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo.

“Menurut saya, peluang kami menang lebih besar dengan kehadiran Mas Gibran karena (banyak) pemilih pemula,” ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Nurhasan dalam acara pertemuan anggota DPRD DKI pendukung Prabowo-Gibran di Jakarta Selatan, Sabtu (11/11/2023).

Kehadiran Gibran sebagai bakal cawapres berusia muda dapat memikat generasi Z yang kini menjadi pemilih pemula.

Menurut Nurhasan, generasi Z memiliki kecenderungan sebagai swing voters. Mereka pun dinilai berpotensi menjatuhkan pilihan ke Prabowo-Gibran yang dianggap mewakili generasi muda.

“Jadi, pemilih Gen Z itu yang tadinya kebanyakan pemilih swing voters insya Allah itu bakal beralih ke kami. Itu ada pengaruhnya (Gibran),” kata Nurhasan.

Sebagai informasi, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang dari pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 di wilayah DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 3.279.547 suara dari total 6.345.684 suara sah.

Sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 3.066.137 suara dari seluruh wilayah DKI Jakarta.

Secara terperinci, Jokowi-Ma’ruf menang di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu. Sementara Prabowo-Sandiaga menang di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Pada Pilpres 2024 mendatang, ada tiga pasangan bakal capres-cawapres yang akan berlaga.

Ketiganya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar; Ganjar Pranowo-Mahfud MD; dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Anies dan Cak Imin merupakan pasangan yang diusung Koalisi Perubahan. Koalisi itu terdiri dari Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

Baca Juga  Mahfud MD Mundur, Ingin Perlihatkan Sikap Etika Politik

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diusung oleh PDI-P, Partai Hanura, PPP, dan Perindo.

Sementara itu, Prabowo dan Gibran diusung Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, Prima, dan PSI.

RI bakal menetapkan pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 pada 13 November 2023.

 

 

 

 

SUMBER : KOMPAS.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *