OlahragaSepak Bola

Performa Timnas Indonesia Bikin Bintang LaLiga asal Jepang Cemas

BANDARJITU.NEWS-Bintang klub LaLiga Real Sociedad asal Jepang, Takefusa Kubo, cukup cemas jelang menghadapi Timnas Indonesia di matchday pemungkas grup D Piala Asia 2023.

Pesepak bola berusia 22 tahun itu terang-terangan menilai Samurai Biru berpotensi dilibas oleh tim Merah Putih apabila tak menaruh fokus secara penuh dalam pertandingan yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1/2024) mendatang.

Sekadar informasi Timnas Indonesia dan Jepang saat ini memang masih berebut tiket menuju babak 16 besar Piala Asia 2023. Baik Samurai Biru maupun Skuad Garuda, kompak telah mengumpulkan 3 poin dari 2 pertandingan yang dilakoni.

Hanya saja, anak-anak asuh Hajime Moriyasu berhak menempati peringkat dua klasemen atau satu setrip di atas Indonesia lantaran unggul selisih gol ketimbang Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Kondisi tersebut membuat Timnas Jepang hanya perlu mengamankan setidaknya hasil imbang di laga terakhir, jika ingin mengunci slot tanding fase knock-out dengan status runner-up grup D.

Adapun Jepang berpeluang menciptakan final kepagian apabila berhasil tembus sebagai pemegang peringkat dua klasemen. Mereka bisa saja menghadapi Korea Selatan yang digadang-gadang punya kans besar untuk finis sebagai pemuncak tabel grup E Piala Asia 2023.

Fokus Lawan Timnas Indonesia

Menanggapi potensi tersebut, winger Timnas Jepang Takefusa Kubo ogah berpikir terlalu jauh. Ia mengeklaim Samurai Biru masih harus konsentrasi menghadapi Indonesia jika tidak ingin tersandung seperti di laga melawan Irak beberapa waktu lalu.

“Jika kami sudah berpikir soal bermain melawan Korea Selatan (di fase) selanjutnya, kami akan tersandung oleh Indonesia,” ucap Kubo mengomentari laga mendatang, seperti dilansir dari media Jepang, Soccer King.

“Pertama, kami ingin fokus dulu pada pertandingan kontra Indonesia. Jika kami menang, itu (laga melawan Korea Selatan) akan menjadi gunung yang sulit untuk didaki,” sambung pesepak bola kelahiran 2001.

Baca Juga  David de Gea Tolak Tawaran Gabung Klub Liga Inggris

Timnas Indonesia Punya Asa Lolos ke 16 Besar

Sama halnya dengan Jepang, Timnas Indonesia juga masih punya asa untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Ada dua skenario yang memungkinkan anak-anak asuh Shin Tae-yong tembus menuju fase knock-out usai menang atas Vietnam di laga kedua.

Pertama, Indonesia wajib menang jika ingin mengamankan status sebagai runner-up grup D. Pasalnya, keberhasilan Jepang menaklukkan The Golden Star sudah cukup membuat Samurai Biru unggul dengan selisih gol +1 dari skuad Garuda.

Adapun skenario kedua ialah lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Total ada empat tiket yang bisa diperebutkan anak-anak asuh Shin Tae-yong, dengan mereka harus harap-harap cemas menunggu hasil pertandingan rival di grup lain.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *