Politik

Pengamat Ungkap Makna Politik Jokowi Dan Prabowo

BANDARJITU.NEWS– Pengamat Ungkap Makna Politik Jokowi Dan Prabowo, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Mehan) Prabowo Subianto makin mesra. Usai meresmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin 29 Januari 2023, keduanya makan bakso bareng di sebuah warung yang terletak tidak terlalu jauh dari Akmil.

Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai, dalam kacamata politik, agenda makan bersama tidak bisa dinilai sebagai kegiatan mengisi perut biasa.

Dia mengatakan, ada makna dan simbol yang hendak mereka tunjukkan, mengingat hal itu dilakukan di tahun politik dan status Prabowo sebagai calon presiden (capres) nomor urut 2.

“Bagi sebagian orang, ini mungkin makan bakso biasa karena habis acara pergi makan lumrah dalam masyarakat Indonesia. Apalagi bakso, tentu menjadi pilihan saat musim hujan ini. Namun saya membaca ini jadi simbol dukungan Jokowi makin kuat kepada Prabowo,” kata Arifki melalui pesan singkat diterima, Selasa (30/1/2024).

Arifki menegaskan, meski dukungan politik terhadap Prabowo kerap disangkal Jokowi, namun momentum keakraban pada ajang Pilpres seperti sekarang ini sangat jelas terbaca.

“Politik simbolik tentu makin menarik karena semakin mudah diperbincangkan di media dari pada pernyataan verbal. Apalagi simbol yang dipertontonkan itu biasa, tetapi relate dengan banyak orang,” urai Arifki.

Arifki percaya, pertemuan simbolik makan bakso akan memunculkan banyak tafsir oleh publik dan hal itu bakal menguntungkan Prabowo pada saat banyak pihak membicarakannya saat ajang Pilpres. Ketika hal itu terjadi, maka akan ada ancaman bagi kandidat lainnya.

“Secara psikologis, Prabowo dan Jokowi makan bakso bareng tentu lebih mengancam bagi Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin dari pada pernyataan politik. Karena simbol sulit dicari celahnya, sedangkan pernyataan verbal ruang kritiknya terbuka,” Arifki menandasi.

Baca Juga  Terry Gou Mengundurkan Diri dari Pilpres Taiwan

Jokowi dan Prabowo Tampik Ada Membahas Politik

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap pembicaraan saat makan bakso berdua bersama Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin 29 Januari 2024.

Presiden Jokowi serta Prabowo terpantau berbicara cukup santai dan dipenuhi gelak tawa. Jokowi dan Prabowo duduk di satu meja, serta saling berhadapan.

“Ngobrolin bakso, ngobrolin kelapa muda, ngobrolin tahu goreng, udah gitu,” kata Jokowi kepada wartawan, Senin 29 Januari 2024.

Agenda makan bakso tersebut dilakukan usai Jokowi meresmikan Gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang. Dia lalu bersama Prabowo mengunjungi Pasar Bandongan untuk makan bakso.

“Ya ini kan tadi baru. Ini kan baru saja saya dengan Pak Prabowo meresmikan Graha Utama di Akademi Militer Magelang. Setelah itu, makan bakso, sudah,” ucap dia.

“Makan bakso, baksonya enak, udah gitu aja. Menunya sama, habis,” sambung Jokowi.

Prabowo sendiri menyukai bakso yang direkomendasikan oleh Jokowi tersebut. Dia menilai Jokowi mengetahui makan-makanan yang enak.

“Pak Jokowi tahu di mana makan enak, di mana-mana udah tahu beliau,” tutur Prabowo Subianto.

Didampingi Prabowo, Jokowi Resmikan Graha Utama Akmil Magelang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Senin 29 Januari 2024. Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Akmil Magelang pukul 11.03 WIB. Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Prabowo. Keduanya sempat berbincang-bincang sebelum tiba di halaman gedung.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, pada siang hari ini saya resmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang di Provinsi Jawa Tengah,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan, Senin.

Baca Juga  Simulasi Penanganan Keamanan Pemilu Di Kudus

Dia mengatakan, gedung baru Akmil Magelang ini memiliki luas 8.068 meter persegi dan bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis serta acara militer. Jokowi berharap sarana dan prasarana baru ini dapat mendorong para calon taruna-taruna muda untuk belajar

“Sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih dan semakin modern dan Graha Utama ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer,” jelas Jokowi.

Dihadiri Panglima TNI hingga Sejumlah Purnawirawan TNI

Dalam peresmian ini, hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Tampak hadir sejumlah purnawirawan TNI antara lain, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal (Purn) Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Hendropriyono.

Lalu ada pula mantan Menhan RI Jenderal (Purn) Agum Gumelar, hingga mantan KSAD Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman.

Sumber : https://www.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *