Uncategorized

Pasca Debat Cawapres, Rakyat Yakin dengan Prabowo-Gibran

BANDARJITU.NEWS – Tim Kampanye Daerah Kota Tangerang menggelar Nobar debat perdana Calon Wakil Presiden di Aula Modernland Kota Tangerang. Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memaparkan pandangannya terkait beberapa isu dalam debat perdana cawapres 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat 22 Desember 2023.

Ketiga cawapres yang beradu gagasan antara lain Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Tema debat cawapres 22 Desember 2023 adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Gibran Rakabuming Raka menuai pujian dan sentimen positif di social media, hasil ini didapat dari riset Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Riset ini memperlihatkan reaksi dan sentimen di social media terhadap penampilan Gibran dan cawapres lainnya Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar dalam debat.

Salah satu yang terus-menerus diulang adalah pentingnya membangun generasi muda yang memiliki keterampilan masa depan atau ‘future skills’ untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

Ketua Lingkar Nusantara (Lisan) Korwil Provinsi Banten, Alexander Waas mengatakan, dirinya meriset juga merinci berbagai kesan dari netizen untuk penampilan Gibran. Dia menilai penampilan Gibran sangat menguasai panggung.

“Sebanyak 70 persen menilai Gibran berpenampilan keren dan dominan di panggung. Sebesar 30 persen menganggap Gibran menguasai materi debat dengan baik,” kata dia.

Gibran ingin mengembangkan talenta-talenta digital yang mumpuni, seperti ahli AI, ahli kripto, ahli blockchain. Hilirisasi yang saat ini sudah dilakukan Presiden Joko Widodo akan diteruskan dan diperluas jangkauannya.

Penampilan Gibran

Ketua Lingkar Nusantara (Lisan) Korwil Banten juga menjelaskan, performa Gibran selama debat perdana cawapres 2024 membuat netizen terkaget-kaget. Pasalnya, Gibran merupakan cawapres termuda dan pengalaman politiknya terbilang masih ‘hijau’ di antara dua kandidat lainnya.

Baca Juga  Bobby Dukung Prabowo-Gibran, PDI-P: Tak Beretika, Kembalikan Dulu KTA-nya

“Awalnya netizen memperbincangkan Gibran yang dikira akan kesusahan. Tapi ternyata, penampilannya sangat bagus dan menguasai materi, Gibran ini cawapres keren,” kata Alex dengan penuh semangat.

Bukan cuma hilirisasi di sektor tambang, tetapi juga pertanian, perikanan, dan hilirisasi digital. Dirinya juga mengatakan pentingnya untuk memperkuat keamanan siber, memberantas pinjol ilegal dan judi online, serta memperketat regulasi e-commerce.

Gibran menjadi salah satu cawapres yang paling disorot. Salah satu pasalnya karena pilihannya untuk menggunakan istilah-istilah asing dalam debat, mulai dari carbon capture and storage (CCS) dan State of the Global Islamic Economy. Dan juga ingin menyetop berbagai praktik yang merugikan UMKM lokal, seperti price dumping, shadow banning, dan cross border selling yang tak sesuai regulasi.

Anak sulung Presiden Jokowi tersebut agaknya memiliki fokus untuk mengembangkan UMKM dan talenta digital. Selain itu, ia juga berkomitmen untuk meneruskan proyek IKN yang menjadi salah satu program andalan Jokowi.

 

 

 

 

SUMBER : LIPUTAN6.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *