Politik

Nasdem Siap Dukung Anies Maju Pilkada 2024

BANDARJITU.NEWS – Nasdem Siap Dukung Anies Maju Pilkada 2024, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan partainya siap mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam pilkada DKI Jakarta 2024.

Willy menyebut, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bahkan sudah menyampaikan hal tersebut secara langsung kepada Anies Baswedan. Komunikasi tersebut disampaikan ke calon presiden nomor urut 01 itu pada 18 Maret 2024.

“Komunikasi sudah. Tapi kita cek ombak sama Mas Anies, 18 Maret itu Pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu tidak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju pilkada, monggo Nasdem siap,” kata Willy di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2024).

Willy menjelaskan pertemuan 18 Maret 2024 itu menjadi ruang diskusi antara Partai Nasdem dan Anies Baswedan. Willy berujar, kala itu semua hal dibahas untuk mencari keputusan bersama.

“Kita sampaikan tanggal 20 Maret itu hasil diskusi panjang sama Mas Anies. Ya di sini terbuka egaliter semua dibahas di atas meja sebagai keputusan bersama,” ucap Willy.

Saat itu, Willy menyampaikan bahwa Anies tidak langsung mengiyakan hasil diskusi itu. Anies, kata Willy, ingin menyelesaikan proses sengketa pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ya Pak Anies menjawabnya saya akan menyelesaikan proses MK,” ujar Willy.

Meski begitu, Willy mengungkapkan sejumlah nama-nama lainnya dari kader Nasdem yang telah mengerucut untuk diusung maju pilkada DKI Jakarta 2024. Antara lain, Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni dan Ketua DPW Partai Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino.

“Kalau di sini namanya mengerucut ya pastilah Ahmad Sahroni, pastilah Wibi Andrino, ya bisa jadi Anies Baswedan sendiri,” ucap Willy.

Baca Juga  Prabowo Kampanye di Pontianak Disambut Pasukan Merah Dayak

Anies Tidak akan Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

Anies Baswedan sendiri sebelumnya sudah menegaskan tidak akan maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam gelaran pemilihan kepala daerah atau pilkada DKI Jakarta 2024.

Mantan Menteri Pendidikan itu mengatakan, isu dirinya maju pilkada DKI Jakarta 2024 sebagai upaya menggeser pembicaraan ihwal pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang belum tuntas. Hal ini disampaikan Anies Baswedan kepada wartawan dalam kunjungannya ke Sumatera Barat, 16 Maret 2024 lalu.

“Tidak, tidak (maju pilgub). Karena itu saya bilang, pembicaraan tentang pilkada itu upaya menggeser tanpa sadar percakapan pilpres mau digeser jadi persoalan pilkada,” kata Anies.

Padahal, kata Anies, berbagai tahapan pilpres 2024 belum rampung secara resmi. Anies mengaku belum ada pembicaraan mengenai pilkada 2024.

“Kita ini masih berada di pembicaraan tentang pilpres, dan kita masih terus berusaha,” ujar Anies.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menegaskan bakal berfokus pada gelaran pilpres 2024. Sikap, kata Anies, akan disampaikan secara resmi usai hasil pilpres ditetapkan.

“Jadi, saya ingin sampaikan kepada semuanya bahwa saya akan terus konsentrasi dalam pilpres ini bahkan nanti kita akan lihat hasilnya, dari hasilnya kita akan tentukan langkah langkah kita,” kata Anies.

Sumber : https://www.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *