OlahragaSepak Bola

Misi Berat Pasukan STY Agar Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

BANDARJITU.NEWSTimnas Indonesia menghidupkan asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah pada laga kedua Grup D berhasil menang atas Vietnam pada Jumat (19/1/2023). Namun misi maha berat dihadapi pasukan Shin Tae-yong untuk bisa mendampingi Irak ke babak berikutnya dari Grup D.

Semalam, Timnas Indonesia meraih kemenangan pertama di Piala Asia 2023 dengan skor 1-0 berkat gol tunggal kapten tim Asnawi Mangkualam Bahar lewat eksekusi penalti di akhir babak pertama. Penalti didapat usai Rafael Struick dilanggar di kotak terlarang.

Kemenangan ini membuat Indonesia naik menempati urutan tiga Grup D dengan poin tiga. Vietnam dipastikan tersingkir setelah menelan dua kekalahan di dua laga awal dan terbenam di dasar klasemen Grup D.

Situasi di Grup D ini benar-benar tak terduga usai kandidat kuat juara Jepang secara mengejutkan kalah 1-2 dari Irak. Justru Irak yang lebih dulu memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Bahkan Irak juga sudah mengunci status sebagai juara grup karena selalu menang di dua laga awal. Irak sebelumnya menekuk Indonesia 3-1.

Kini Jepang dan Indonesia yang akan melakoni laga hidup-mati memperebutkan tiket sebagai runner-up Grup D mendampingi Irak. Beban Indonesia lebih berat ketimbang Jepang pada laga terakhir yang berlangsung 24 Januari 2024 nanti.

Timnas Indonesia wajib menang jika ingin menjadi runner-up Grup D Piala Asia 2023. Sedangkan Jepang cukup meraih hasil imbang saja. Pasalnya selisih gol Jepang lebih baik dari Indonesia. Mereka menang 4-2 atas Vietnam di laga pertama. Saat ini selisih gol Jepang +1. Sedangkan Indonesia -1

Jepang Sangat Diunggulkan atas Indonesia

Mengalahkan Jepang tentu merupakan beban sangat berat. Jepang begitu perkasa akhir-akhir ini sebelum dikejutkan oleh Irak. Mereka pernah mengalahkan Jerman dan Turki pada tahun 2023 laludalam pemanasan jelang Piala Asia 2023.

Dari materi pemain juga Jepang begitu mentereng. Mereka memiliki sederet pemain yang merumput di liga-liga top Eropa seperti Wataru Endo, Daizen Maeda, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma hingga Takefusa Kubo.

Jepang juga belum lama ini menunjukkan keperkasaan dengan melumat Thailand lima gol tanpa balas. Thailand sendiri merupakan rival berat Indonesia di Asia Tenggara yang sulit sekali dikalahkan.

Bisa Lolos Lewat Peringkat 3 Terbaik

Kans ke 16 Besar Terbuka, untuk Sementara Timnas Indonesia di Posisi  Teratas Klasemen Peringkat 3 Terbaik Fase Grup Piala Asia 2023 - Indonesia  Bola.com

Seandainya kalah dari Jepang, Indonesia sebenarnya masih punya peluang lain untuk lolos ke 16 besar yakni lewat jalur salah satu peringkat tiga terbaik. Total ada empat tiket sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Hingga Sabtu (20/1/2024) pagi WIB, Indonesia masih berada di posisi teratas untuk klasemen mini peringkat tiga terbaik bermodal poin tiga. Namun tim-tim dari Grup E dan F baru bermain sekali di Piala Asia 2023.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *