MotoGPOlahraga

Practice MotoGP San Marino: Bezzecchi Ukir Rekor Baru

BANDARJITU.NEWS-Marco Bezzecchi mencetak rekor lap baru pada Practice MotoGP San Marino, Jumat (8/9/2023), saat pemenang Grand Prix Catalunya, Aleix Espargaro, terperangkap di Q1.

Sepekan setelah menikmati momen bersejarah di GP Catalunya, dengan mengantar Aprilia menguasai dua besar, Espargaro crash di tikungan terakhir Misano, saat sesi latihan sore.

Sebuah upaya terakhir dari Bezzecchi dengan catatan waktu 1:30,846 detik, yang menandai rekor lap baru, membuatnya mengasapi Maverick Vinales (Aprilia).

Pembalap wild card KTM, Dani Pedrosa, melengkapi posisi tiga besar dengan motor RC16 eksperimentalnya yang menggunakan sasis serat karbon.

Pedrosa membuntuti mantan rekan setimnya di Honda, Marc Marquez, yang menempati P6 dan lolos ke Q2. Malangnya, tidak ada pembalap Yamaha yang berhasil masuk ke dalam 10 besar.

Fabio Quartararo menjadi yang tercepat pada latihan kedua dengan catatan waktu 1:34,185 di atas Yamaha-nya, sebelum Vinales mengambil alih. Brad Binder dari KTM mengurangi torehannya menjadi 1:32,554.

Dengan 10 menit tersisa, Marco Bezzecchi memimpin untuk pertama kalinya dengan catatan waktu 1:37,785, yang menjadi acuan waktu untuk 13 menit berikutnya.

Jorge Martin dari Pramac Ducati menjadi pembalap yang menggeser Bezzecchi dari VR46 dengan catatan waktu 1:31,562 detik, sebelum Pedrosa naik ke posisi teratas selepas membukukan 1:31,453.

Martin sempat menjadi yang tercepat, 1:31,416, sebelum Bezzecchi memulai fase time attack. Sebuah putaran di bawah 1:31,972 dari Vinales yang merupakan yang pertama kalinya terjadi, membuatnya unggul lebih dari 0,4 detik dari para pembalap lain dan tampaknya akan membuatnya tetap berada di posisi teratas.

Namun lap terakhir Bezzecchi mengamankan posisi pertama dengan selisih waktu 0,126 detik dari Vinales. Martin berakhir di belakang Luca Marini dari VR46 dan Marc Marquez yang mengendarai Honda di posisi 10 besar, sementara Francesco Bagnaia mengakhiri Jumat di urutan ketujuh di atas motor pabrikannya, Ducati.

Baca Juga  Minimnya Pengujian Honda Bikin Espargaro Kehilangan Semangat

Posisi Q2 terakhir diraih oleh Alex Marquez dari Gresini Ducati, Binder dan Raul Fernandez dari RNF Aprilia, meski sempat terjatuh di Tikungan 14.

Sebuah momen yang menyedihkan bagi keluarga Espargaro membuat Pol dan Aleix tidak bisa masuk 10 besar, karena kedua pembalap tersebut crash di Tikungan 15 pada tahap akhir sesi.

Mereka mengakhiri hari di urutan ke-11 dan 12, Pol Espargaro dari Tech3 memimpin di depan saudaranya Aleix dari Aprilia, sementara Quartararo mengungguli rekan setimnya di Yamaha, Franco Morbidelli – keduanya adalah mantan juara di Misano dengan motor M1 – di urutan ke-13.

Pemimpim FP1 Michele Pirro berada di urutan ke-16 dengan Ducatinya di belakang pembalap Honda Stefan Bradl, sementara kecelakaan yang dialami Jack Miller (KTM) membuatnya turun ke urutan ke-17.

Sumber : https://id.motorsport.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *