Gaya HidupKesehatanLIFESTYLEUncategorized

Manfaat Rutin Mandi dengan Air Dingin

BANDARJITU.NEWS – Manfaat Rutin Mandi dengan Air Dingin,Mandi air dingin dapat membuat tubuh lebih segar dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas. Lebih dari itu, ternyata mandi dengan air dingin bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari New York Post, Rabu, 1 November 2023, para pakar kesehatan dan kecantikan seringkali menyerukan manfaat dari mandi air dingin, yang secara umum didefinisikan sebagai mandi dengan suhu air kurang dari 60 derajat fahrenheit atau sekitar 15,5 derajat celcius.

“Anggap saja ini sebagai ‘kejutan’ kecil pada sistem (tubuh) Anda,” ungkap Dr. Majdoline Jayoushe, spesialis penyakit dalam dan profesor di Mount Sinai, kepada Vogue. Dokter tersebut juga mengatakan bahwa mandi air dingin dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres.

“Saat Anda berada di air dingin, otak Anda terlalu sibuk berfokus untuk menghilangkan sensasi tidak menyenangkan tersebut daripada memikirkan semua alasan mengapa Anda tidak bahagia atau stres,” ia mengungkapkan. “Ini membantu Anda keluar dari pikiran Anda,” tambahnya.

Penelitian telah menemukan bahwa mandi air dingin atau berendam dengan air dingin dapat membantu meningkatkan endorfin, meningkatkan metabolisme, memperkuat kesehatan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan dan pembengkakan, melawan gejala depresi, dan mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Beberapa pakar juga mengatakan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan kecantikan. “Mandi air dingin dapat mengencangkan (pori-pori) untuk sementara dan membantu Anda mempertahankan minyak alami di kulit dan rambut Anda,” ungkap Dr. Mahammad Juber, yang memiliki spesialisasi di bidang farmakologi, mengonfirmasi hal tersebut kepada WebMD.

Tidak Perlu Mandi dengan Durasi yang Lama

Bagi orang dengan wajah berjerawat, mungkin akan membasuh wajahnya dengan air panas untuk membuka dan membersihkan pori-pori secara mendalam. Para ahli juga merekomendasikan waktu yang tepat untuk mandi air dingin, yaitu pada sore atau malam hari, karena suhu inti tubuh berada pada titik terendah saat pagi hari.

Baca Juga  "Air Putih Sebagai Senjata Ampuh Melawan Tekanan Darah Tinggi"

Dokter Jayoushe juga menyarankan untuk mengambil napas dalam-dalam saat mandi untuk mendistribusikan air secara merata ke seluruh tubuh. Para ahli juga merekomendasikan agar memulai dengan beberapa detik, dan menambahkan lima detik lagi setiap kali mandi air dingin.

Untuk mendapatkan manfaat dari mandi air dingin, Anda tidak perlu mandi dengan durasi yang lama. Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa orang yang mandi air dingin selama 30–90 detik selama 90 hari merasakan sakit saat bekerja 29 persen lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak mandi air dingin.

“Kita sering membayangkan para atlet melakukan cold dunk di pemandian es,” kata Eric Noyes, seorang praktisi perawat bersertifikat di Avera Medical Group Internal Medicine di South Dakota, Amerika Serikat, pada tahun lalu.

Mandi Air Dingin Mengatasi Kecemasan

“Tetapi kita melihat semakin banyak orang dewasa yang sehat mengeksplorasi kemungkinan manfaat dari olahraga air dingin ataupun mandi air dingin dalam waktu yang singkat,” ia menambahkan.

“Kebanyakan orang tidak tahu bahwa mandi air dingin dapat menurunkan kortisol yang sangat membantu mengatasi hal-hal seperti kecemasan, depresi, dan bahkan kecanduan,” ungkap Noyes.

Bukan hanya praktisi kesehatan yang memuji manfaat mandi air dingin, beberapa selebriti termasuk Hailey Bieber, Drake, dan Kim Kardashian juga merasakan manfaat dari hal tersebut. Bagi mereka yang memiliki gangguan pernafasan seperti asma, kondisi kardiovaskular, hipertensi, atau masalah terkait jantung lainnya, sebaiknya berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Walaupun memiliki banyak manfaat, kapan dan seberapa sering kita mandi dengan air dingin juga perlu diperhatikan. Melansir laman merdeka.com, Rabu, 26 April 2023 yang mengutip artikel Halodoc, mandi air dingin saat tubuh terasa panas bisa berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Saat suhu tubuh meningkat, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sebagai cara untuk mengembalikan suhu menjadi normal.

Baca Juga  Dijamin Bikin Puas! Ini 5 Posisi Seks Yang Langsung Bikin Perempuan Becek Saat Di Ranjang

Bahaya Mandi Air Dingin Saat Tubuh dalam Kondisi Panas

Jika kondisi tubuh masih panas dan langsung disiram air dingin, hal itu dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti pembuluh darah melebar. Dalam situasi yang ekstrem, mandi langsung saat keringat masih deras-derasnya atau mandi setelah berolahraga ternyata bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan kematian mendadak. Jadi, Anda disarankan untuk menunggu beberapa saat agar tubuh bisa kembali ke suhu normal sebelum mandi setelah berolahraga.

Mandi air dingin saat tubuh masih berkeringat juga bisa menyebabkan fungsi kelenjar keringat menurun. Saat suhu tubuh meningkat, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan cairan keringat sampai suhu tubuh kembali normal.

Jangan langsung mandi saat tubuh dalam keadaan berkeringat banyak karena hal tersebut dapat mengganggu fungsi kelenjar keringat dan menurunkan kinerjanya. Jika kulit didinginkan secara tiba-tiba dengan mandi, pengeluaran panas tubuh dapat terhambat. Sebaiknya tunggu sekitar 20–30 menit sampai keringat kering dan suhu tubuh kembali normal sebelum mandi.

 

SUMBER : https://www.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *