KesehatanLIFESTYLE

Kenali Tanda-tanda Aliran Darah Tidak Lancar

BANDARJITU.NEWS – Aliran darah tidak lancar dapat menjadi masalah serius yang memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kondisi itu dapat terjadi ketika ada sesuatu yang mengganggu sistem peredaran darah yang kompleks. Akibatnya tubuh tidak bisa mendapatkan suplai darah, oksigen sampai nutrisi yang seharusnya dikirimkan ke banyak organ untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Ibarat seorang sopir pengantar barang yang mengalami masalah, penundaan yang terjadi di sepanjang rutenya bisa mengganggu banyak aspek.

Maka dari itu, mengenali tanda-tanda aliran darah tidak lancar dapat membantu kita memahami dan menemukan metode pengobatan yang tepat agar tidak banyak fungsi tubuh yang terganggu.

Tanda-tanda aliran darah tidak lancar

Gejala sirkulasi darah yang terganggu dapat membuat darah sulit mengalir, terutama untuk mencapai bagian tubuh paling jauh dari jantung, seperti jari tangan dan kaki.

Gangguan ini tentu dapat menimbulkan sejumlah gejala yang dapat kita kenali. Sebab, ketika sel tidak mendapatkan suplai darah serta oksigen yang cukup, sejumlah organ tubuh bisa mengalami dampaknya.

1. Otot merasa sakit atau lemah saat berjalan hingga kram

Aliran darah tidak lancar juga memengaruhi kondisi otot seperti mudah lelah atau kram. Biasanya itu terjadi di sekitar tungkai, kaki, lengan, dan tangan.

Ketika darah tidak bersirkulasi dengan baik, oksigen yang dibawa dalam darah gagal mencapai jaringan otot secara efektif, sehingga dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan kram.

2. Sensasi kesemutan dan mati rasa

Gejala sirkulasi darah buruk yang paling umum adalah rasa mati rasa dan kesemutan, yang biasanya terjadi pada bagian tubuh, seperti jari tangan, kaki, tangan dan kaki.

Kesemutan dan mati rasa biasanya terjadi karena ada sesuatu yang menghambat aliran darah, artinya darah tidak dapat mencapai ekstremitas dalam jumlah yang cukup sehingga menimbulkan sensasi mati rasa atau kesemutan.

Baca Juga  7 Pemicu Stroke di Usia Muda
3. Warna kulit pucat atau biru

Aliran darah yang lancar tentu memengaruhi warna kulit yang cenderung kemerahan. Tetapi ketika sirkulasinya tersumbat, warna kulit bisa tampak lebih pucat atau kebiruan.

4. Jari tangan atau kaki terasa dingin

Berkurangnya aliran darah karena sirkulasi yang buruk juga dapat menyebabkan ekstremitas seperti jari tangan, kaki, tangan dan kaki terasa lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Hal ini dapat terjadi karena proses alami ketika darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan kecepatan normal.

Di saat darah kesulitan mengalir hingga ujung jari tangan atau kaki, tubuh akan mengalirkan darah ke organ utama, seperti jantung dan paru-paru.

Hal ini lantas menyebabkan suhu di bagian ujung itu menurun, sehingga menimbulkan sensasi dingin.

5. Pembengkakan

Tanda sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius adalah pembengkakan pada bagian tubuh bawah seperti tungkai dan kaki.

Jika darah tidak bersirkulasi dengan baik, seiring waktu dapat menyebabkan cairan menumpuk.

Akumulasi cairan ini disebut “edema” dan bisa menjadi tanda awal gagal jantung karena jantung tidak mampu mengedarkan pasokan darah yang cukup untuk menjaga tubuh tetap berjalan.

Edema terjadi ketika darah yang gagal bersirkulasi, berkumpul menjadi beberapa kelompok sehingga menimbulkan tekanan dan memaksa cairan dari pembuluh darah masuk ke jaringan sekitarnya.

 

 

 

 

SUMBER : KOMPAS.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *