HighlightsPolitik

Kalah dari Prabowo di Survei Indikator, Ganjar: Biasa Saja

BANDARJITU.NEWS – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas paslon Pilpres 2024 dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul disusul dua pasangan calon lainnya. Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo merespons hal tersebut.

“Biasa saja. Dari dulu kan ada yang turun. Bahkan saya sebelumnya kan nomor tiga, sekarang jadi nomor dua,” kata Ganjar di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Ganjar yang maju ke Pilpres 2024 bareng cawapres Mahfud Md ini mengatakan survei tersebut merupakan bahan untuk obrolan para pengamat politik. Namun bagi Ganjar, lebih baik dia fokus terjun ke masyarakat melakukan kampanye dan menyampaikan program-program di Pilpres 2024

“Jadi ya biarkan itu menjadi debat para pengamat saja. Kalau saya akan turun terus menerus ke masyarakat,” ujarnya.

Ganjar mengatakan hasil survei tersebut tetap dijadikan acuan untuk meraih kemenangan dalam kontestasi politik yang ada. Ganjar mengatakan yang penting dilakukan saat ini yakni bertemu dan mendengar keluhan masyarakat, maka masyarakat.

“Maka tugas kita adalah ketemu dengan masyarakat terus menerus. Survei kita jadikan acuan, tapi kita punya survei sendiri. Maka kalau kita lihat tren-tren yang dulu, saya pernah mengatakan ‘nanti surveinya akan begini dan akan banyak survei seperti itu, teman-teman nggak usah panik, ketemu saja dengan masyarakat terus menerus, karena kita juga punya kontrol sendiri’,” jelasnya.

Sebelumnya, hasil survei Indikator Politik menunjukkan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul atas dua pasangan calon lainnya. Survei ini digelar pada 23-24 Desember 2023 atau setelah debat cawapres kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 lalu. Survei melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak.

Baca Juga  Adik Mahfud MD: Ganjar Humble, Sederhana, dan Merakyat

Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara yang sudah profesional. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Para responden survei ditanyakan ‘jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara nama pasangan berikut ini?’. Berdasarkan jawaban para responden, pasangan Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Berikut ini hasilnya:

Prabowo-Gibran 46,7%
Ganjar-Mahfud 24,5%
Anies-Cak Imin 21%

Direktur Indikator Parameter Politik Indonesia lantas membahas hasil survei tersebut. Dia menyoroti secara khusus hasil survei Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin yang masih berada pada margin of error.

“Peringkat kedua dan ketiga dalam margin of error, saya ingatkan sekali lagi 2,9% margin of error kami, jadi kami tidak tahu siapa yang unggul antara Ganjar atau Anies, jadi jika tidak terjadi 1 putaran, misteri Tuhan, selain jodoh dan kematian, siapa pendamping Prabowo-Gibran di putaran kedua,” kata Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan survei, tadi.

 

 

 

 

SUMBER : DETIK.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *