OlahragaSepak BolaUnggulan

Juara Piala Dunia Antarklub, Manchester City Jadi Tim Inggris Pertama

BANDARJITU.NEWS-Jakarta Manchester City memenangkan trofi Piala Dunia Antarklub. Trofi tersebut didapat setelah mengalahkan Fluminense 4-0 pada pertandingan final di King Abdullah Sports City, Jeddah, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB.

Keempat gol Manchester City masing-masing dicetak oleh Julian Alvarez dan Nino (bunuh diri) di babak pertama. Dua gol lagi disumbang Phil Foden dan kembali Julian Alvarez.

Manchester City - Piala Dunia Antaraklub

Ini merupakan trofi kelima yang dimenangkan Man City sepanjang 2023. Sebelumnya, tim besutan Pep Guardiola memenangkan trofi Liga Inggris, Liga Champions, Piala FA, dan Piala Super Eropa.

Manchester City juara Liga Inggris setelah mengumpulkan 89 poin, unggul lima poin atas Arsenal yang ada di peringkat kedua. Sementara di Liga Champions, Erling Haaland cs mengalahkan Inter Milan 1-0 pada laga final.

Di Piala FA, The Cityzens menjadi juara usai menang 2-1 atas Manchester United. Sedangkan trofi Piala Super Eropa dimenangkan setelah mengalahkan Sevilla 5-4 (1-1) lewat drama adu penalti.

Prestasi ini membuat Manchester City menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan lima trofi utama dalam satu tahun kalender.

Komentar Pep Guardiola

Manajer Manchester City Pep Guardiola mengatakan trifu Piala Dunia Antarklub merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Saya sangat bangga dengan klub ini. Apa yang telah kami lakukan adalah sebuah pencapaian yang luar biasa,” kata ahli taktik asal SPanyol itu seperti dilansir situs Man City.

“Memenangkan trofi ini berarti menjadi tim terbaik di dunia dan para pemain kami, pelatih, staf di ruang ganti, mereka semua bekerja keras setiap hari untuk memberikan kesuksesan ini.”

“Sebagai seorang pelatih, itulah yang paling saya banggakan, bahwa kami selalu ada di sana (bersaing memperebutkan trofi),” ucap Guardiola menambahkan.

Baca Juga  Gilas Argentina 3-0, Mali Rebut Posisi Ketiga

“Tidak peduli berapa kali kami menang, tidak peduli trofi apa yang kami raih, kami akan kembali lagi untuk memperjuangan trofi berikutnya.”

Mentalitas Manchester City

Pep Guardiola menambahkan: “Memenangkan treble adalah sesuatu yang sangat spesial, tetapi untuk meraih dua trofi lagi dan sekarang memiliki lima gelar utama ini menunjukkan mentalitas unik dari tim ini, klub, dan para pendukungnya.”

“Ini adalah sesuatu yang belum pernah dicapai tim Inggris lainnya dan kami akan selalu mengingat masa-masa luar biasa yang kami lalui bersama.”

Selain Manchester City, Pep Guardiola juga mencatat rekor pribadi dengan memenangkan trofi Piala Dunia Antarklub. Dia sekarang menjadi pelatih pertama yang memenangkan empat trofi Piala Dunia Antarklub.

Sebelumnya, Guardiola membawa Barcelona juara pada 2009 dan 2011. Dia juga mempersembahkan trofi yang sama untuk Bayern Muenchen pada 2013.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *