Politik

Jokowi soal Koalisi Indonesia Maju Disebut Timnya

BANDARJITU.NEWS– Jokowi soal Koalisi Indonesia Maju Disebut Timnya. Presiden Joko Widodo atau menanggapi santai soal koalisi Indonesia Maju yang mengusung capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sering disebut sebagai ‘Tim Jokowi’.

Jokowi mengatakan urusan koalisi merupakan ranah Prabowo dan partai politik pengusung.

“Tanyakan ke Pak Prabowo, urusan koalisi itu adalah koalisi partai-partai, jangan ditanyakan pada saya, tanyakan kepada beliau,” kata Jokowi di usai makan baksi bersama Prabowo di Pasar Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengibaratkan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung dirinya dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, sebagai klub sepak bolanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Koalisi Indonesia Maju sendiri terdiri dari sembilan partai politik yakni, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), PBB, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Gelora, dan Partai Prima

“Sengaja namanya (koalisi) Indonesia Maju karena kita sebagaian besar adalah masuk dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Jadi bisa dikatakan, kalau klub sepak bola, kita adalah klubnya Pak Joko Widodo,” kata Prabowo saat menghadiri deklarasi Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial, di GOR Soekarno Hatta, Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023).

Kawan Lama

Prabowo mengatakan dirinya merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Kendati pernah bersaing, Ketua Umum Partai Gerindra itu menekankan, dirinya dan Jokowi merupakan kawan lama.

“Sebagaimana saudara ketahui, saya selama hampir 10 tahun, tidak, tidak 10 tahun, tapi dua kali Pilpres, saya lawannya Pak Jokowi. Tapi saya ralat, bukan lawan, saya pesaing, saya rival, tapi bukan lawan. Karena sesungguhnya dari dulu saya kawannya Pak Jokowi,” jelasnya.

Baca Juga  Jokowi Diusulkan Jadi Ketum PDIP Gantikan Megawati

Menteri Pertahanan itu menilai persaingan adalah hal yang biasa, khususnya dalam Pilpres. Namun, kata dia, persaingan tidak boleh membuat antar masyarakat Indonesia bermusuhan.

“Jadi inilah, Indonesia ini kita bersaing boleh, bertanding sering. Tapi tidak boleh jadi musuh atau lawan, karena kita semua keluarga besar Republik Indonesia. Kita semua adalah bersaudara,” tutur Prabowo Subianto.

Jokowi Makan Bakso Bersama Prabowo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap pembicaraan saat makan bakso berdua bersama Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Presiden Jokowi serta Prabowo terpantau berbicara cukup santai dan dipenuhi gelak tawa. Jokowi dan Prabowo duduk di satu meja, serta saling berhadapan.

“Ngobrolin bakso, ngobrolin kelapa muda, ngobrolin tahu goreng, udah gitu,” kata Jokowi kepada wartawan, Senin (29/1/2024).

Sumber : https://www.liputan6.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *