OlahragaSepak Bola

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Timnas Indonesia 1-1 Filipina

BANDARJITU.NEWSTimnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Filipina pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia masih berada di peringkat empat Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan 1 poin. Sedangkan Filipina tetap di posisi ketiga juga dengan 1 poin tampil unggul selisih gol.

Bertanding di Stadion Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (21/11/2023) malam WIB, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengubah starting XI setelah dibantai 1-5 dari Irak. Ernando Ari menggantikan Nadeo Argawinata di posisi penjaga gawang.

Di lini depan, Rafael Struick dimainkan sejak awal laga bersama Saddil Ramdani. Sementara itu, Asnawi Mangkualam bermain sebagai sayap kanan dan di sayap kiri Ricky Kambuaya. Untuk gelandang jangkar ditempati Rachmat Irianto.

Bermain di depan publik sendiri, Filipina mendominasi jalannya pertandingan. Peluang pertama didapat tuan rumah pada menit ke-11, namun tembakan Patrick Reichelt masih menyamping.

Sementara itu, Timnas Indonesia menyerang melalui umpan-umpan lambung. Namun, upaya itu belum membahayakan Filipina.

Pada menit ke-13, gawang Timnas Indonesia hampir saja kebobolan. Upaya Rizky Ridho membuang bola justru mengarah ke gawang sendiri. Berutung, kiper Ernando Ari sigap menepis bola.

Ernando kembali menunjukkan kegemilangannya dalam menyelamatkan gawang Timnas Indonesia. Dia mengagalkan tendangan keras Jesse Curran di kotak penalti pada menit ke-20.

Namun empat menit berselang, Ernando tidak mampu menghalau tembakan Patrick Reichelt dan terjadi gol. Gol ini berawal dari kesalahan Jordi Amat yang kehilangan bola di tengah lapangan.

Tertinggal 0-1, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman pada menit ke-30 dan menarik keluar Sandy Walsh. Masuknya Witan mampu menambah daya serang Skuad Garuda.

Baca Juga  Cristiano Ronaldo Taklukkan Liga Saudi dengan Rekor Gol

Indonesia mendapat peluang pertama lewat Struick pada menit ke-34. Tapi, tembakannya masih di samping kiri gawang Filipina.

Meski permainan Timnas Indonesia membaik, belum mampu mencetak gol balasan ke gawang Filipina hingga turun minum.

Babak Kedua Filipina vs Timnas Indonesia

Memasuki babak kedua, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung memainkan Pratama Arhan. Dia menggantikan Shayne Pattynama pada menit ke-46.

Masuknya Arhan membuat sisi kiri Timnas Indonesia menjadi lebih hidup. Sementara Saddil Ramdani juga lebih berani melakukan penetrasi untuk membongkar pertahanan Filipina.

Meski bermain lebih agresif, Timnas Indonesia kesulitan menjebol gawang Filipina. Gol baru tercipta di menit ke-70.

Berawal dari aksi Ricky Kambuaya yang melewati beberapa pemain Filipina dan masuk ke kotak penalti. Dia kemudian memberikan umpan kepada Saddil Ramdani yang kemudian menembak bola ke tiang jauh dan tak bisa diantisipasi kiper Neil Etheridge.

Timnas Indonesia menambah daya gedor untuk bisa unggul di laga ini setelah Saddil Ramdani mencetak gol penyeimbang 1-1 pada menit ke-70.

Skor 1-1, pelatih Shin Tae-yong kemudian memasukkan Ramadhan Sananta untuk menggantikan Ricky Kambuaya pada menit ke-71. Timnas Indonesia berpeluang mencetak gol kedua pada menit ke-85. tetapi tembakan Rafael Struick di dalam kotak penalti masih bisa digagalkan kiper Etheridge.

Semenit kemudian, Filipina balik mengancam gawang Indonesia. Tapi, Ernando Ari dapat menggagalkan dua peluang tuan rumah. Bahkan, dia kesakitan karena tangannnya dihajar pemain Filipina Bienvenido Maranon.

Pada menit ke-89, Pratama Arhan berpeluang mencetak gol kedua Timnas Indonesia. Sayang, tembakan Arhan masih melambung di atas mistar gawang Filipina.

Filipina hampir memenangkan pertandingan. Namun, tembakan Santiago Rublico dari luar kotak penalti masih digagalkan mistar gawang.

Baca Juga  Taktik Erik Ten Hag Di Kecam Fans Manchester United: Pecat Dia

Pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Susunan Pemain Filipina vs Indonesia

Filipina: 1 N. Etheridge, 14 C. de Murga , 11 D. Sato, 4 J. Tabinas, 21 S. Rublico, 18 P. Reichelt , 8 Manuel Ott, 6 K. Ingreso (22 J. Baas, 76′), 7 Mike Ott (9 B. Maranon, 64′), 2 J. Curran (19 P. Bugas, 76′), 10 J. Porteria

Timnas Indonesia: 21 E. Ari, 4 Jordi Amat, 6 S. Walsh (8 Witan Sulaeman, 30′), 14 A. Mangkualam, 20 S. Pattynama (Pratama Arhan, 46′), 5 R. Ridho, 3 E. Baggott, 17 S. Ramdani, 13 R. Irianto, 15 R. Kambuaya (10 R. Sananta, 71′), 9 R. Struick

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *