Politik

Ganjar Sebut Jokowi Ingin SMKN Jateng Jadi Percontohan Nasional

BANDARJITU.NEWS – Jakarta (ANTARA) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan Presiden RI Joko Widodo ingin program sekolah gratis SMKN Jawa Tengah jadi percontohan secara nasional.

“Beliau (Jokowi) mengatakan akan memerintahkan Mendikbud untuk datang ke sini, dievaluasi lagi, dan bisa diperluas di provinsi yang lain untuk keluarga yang tidak mampu,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/8).

Ganjar menjelaskan bahwa SMKN Jateng merupakan satu-satunya sekolah yang berdiri di bekas gedung BLK. Dengan demikian, lulusannya bisa bekerja di industri sebagai tulang punggung keluarga yang kurang mampu.

“Beliau (Jokowi) sampaikan bisa tidak ini ditambah, bisa. Kalau ini tambah dengan kapasitas seperti itu, sebenarnya lebih banyak dari keluarga tidak mampu bisa sekolah lagi di SMK,” kata Ganjar.

Jika dia menyampaikan kepada Presiden bahwa SMKN itu merupakan investasi 3 tahun. Tahun keempat sebenarnya sudah bisa panen, dan itu menjadi tulang punggung keluarga.

“Mohon maaf karena dari keluarga tidak mampu, angka kemiskinan bisa ditekan mulai dari pendidikan,” jelasnya.

Ganjar membangun tiga SMKN Jateng. Selain di Semarang, sekolah tersebut hadir juga di Pati dan Purbalingga.

Sejak dirintis pada tahun 2014, SMKN Jateng telah meluluskan sebanyak 1.837 siswa. Lulusan terdiri atas 3 SMKN Jateng yakni SMKN Jateng Semarang 825 lulusan, SMKN Jateng Pati 336 lulusan, dan 676 lulusan SMKN Jateng Purbalingga.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi program sekolah gratis SMKN Jawa Tengah yang digagas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Pasalnya, sekolah itu ditujukan untuk siswa dari keluarga tidak mampu.

“Ini saya kira sebuah inisiatif yang sangat bagus dari Pak Gubernur Jawa Tengah. Dahulunya ini BLK (balai latihan kerja), kemudian digeser menjadi SMK yang khusus untuk keluarga yang tidak mampu,” kata Jokowi.

Baca Juga  Jokowi Ajak Arab Saudi Hentikan Eskalasi Konflik Di Gaza

Sumber : https://www.antaranews.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *