Gaya HidupPolitik

Ganjar Pranowo Tanggapi Keluhan Seller TikTok Shop

BANDARJITU.NEWS – Presiden Ganjar Pranowo mulai menyerap berbagai aspirasi khususnya dari seller social commerce TikTok. Isu ini kian memanas sehingga mengundang berbagai aspirasi dari masyarakat ke kandidat Calon Presiden khususnya Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo menganggapi sebuah aspirasi dari salah satu seller social commerce TikTok Shop yang mengaku kini dirinya mengalami penurunan keuntungan semenjak penutupan TikTok Shop. TikTokers ini mengaku bahwa usahanya merintis UMKM menjadi terhambat atas penutupan ini.

“Bapak tolong regulasi di TikTok shop dipercepat supaya yang kita UMKM pengen naik. Tolong ya pak karena saya beneran ini banget. Saya adalah pelaku di bawah,” keluh TikTokers tersebut kepada Ganjar Pranowo seperti dilansir dari video yang viral.

Melihat video keluhan ini, Ganjar Pranowo langusung menganggapi keluhan seluruh seller Social commerce TikTok Shop. “Kalau kemudian kita membiarkan itu toko-toko pasar tradisional tutup maka kita harus mendengarkan. Maka langkah yang harus dilakukan adalah semua sekarang mesti mengikuti aturan dan kita akan melindungi rakyat Indonesia,” ujar Ganjar Pranowo saat sesi senam sehat di Cirebon, Minggu (9/10/2023).

Dalam responsnya, dia menjelaskan kepada pengguna TikTok tersebut dan menegaskan pemerintah memiliki tanggung jawab melindungi berbagai segmen masyarakat. Termasuk penjual yang beroperasi baik secara online maupun offline.

Ganjar Pranowo menyoroti pentingnya pemerintah bertindak demi kepentingan negara dan masyarakat, khususnya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ini kedua kalinya Ganjar Pranowo terlihat aktif menanggapi isu ini. Tanggapan pertama disampaikan pada 25 September 2023, sebelum penutupan TikTok Shop benar-benar terjadi, Ganjar Pranowo juga mengeluarkan komentar mengenai permasalahan ini.

Melalui posting di akun media sosial ‘X’ miliknya @ganjarpranowo, pada 22 Oktober 2023 Ganjar menyampaikan pandangan bahwa pemerintah harus hadir dan mengundang semua pihak untuk berdiskusi bersama mencari solusi.

Baca Juga  Presiden Jokowi Tinjau Pameran Hub Space X KAI 2023

Pendekatan yang diusulkannya terdiri dari tiga tahap, yaitu filosofi, sosiologi, dan regulasi. Seperti halnya yang pernah disampaikannya dalam beberapa waktu. “Kalau situasi itu sudah mengganggu maka negara atau pemerintah harus segera mengintervensi,” kata Ganjar dalam wawancara bersama Merry Riana, (25/9/2023).

Trend TikTok dan TikTok Shop menjadi sebuah istilah baru dalam dunia perdagangan daring. Konsep ini disebut sebagai social commerce seperti apa yang disebutkan dalam artikel di atas. Namun, apa yang dimaksud dengan social commerce? Berikut ini adalah pemahaman bagi kamu untuk lebih mengerti isu ini.

Pengertian Social commerce seperti TikTok Shop

Dikutip dari berbagai sumber, social commerce adalah strategi perdagangan yang menggunakan media elektronik di mana para penjual menjual produk secara daring sambil tetap memungkinkan pelanggan berinteraksi langsung dengan merek, mencari produk, dan melakukan transaksi.

Social commerce memberikan alternatif bagi para penjual mencapai pelanggan mereka yang berada di berbagai lokasi hanya melalui platform daring. Dari perspektif pelanggan. Ini memberikan kemudahan mencari dan membeli produk, karena mereka dapat langsung memproses pembelian melalui platform social commerce.

Keuntungan yang diberikan social commerce diantaranya adalah jangkauan yang lebih luas. Memanfaatkan pengguna media sosial di beragam platform menjadikan social commerce diminati tanpa sengaja. Penjual bahkan tak perlu menjaga keaktifan website seperti ecommrce.

Selanjutnya, social commerce memfasilitasi hubungan dua arah. Transaksi daring kadang terasa kurang personal karena dalam konteks tersebut, kamu tidak memiliki interaksi langsung dengan pelanggan.

Pada transaksi social commerce, langkah awal seringkali dilakukan melalui komentar yang diberikan oleh calon pelanggan di postingan media sosial kamu. Ini memberikan kesempatan bagi bisnis untuk merespons melalui pesan langsung (direct message/DM) dan membangun interaksi dua arah antara bisnis dan calon pelanggan.

Baca Juga  Polda Maluku Rutin Periksa Truk Antisipasi Masuknya Bahan B3 Di Namela

Itulah pengertian dan keuntungan dari penggunaan social commerce seperti TikTok Shop. Namun, TikTok Shop sampai saat ini masih tidak bisa di akses sehingga menghambat penjualan para seller TikTok Shop dan UMKM yang menggunakan aplikasi tersebut.

Tidak mengherankan apabila banyak masyarakat yang bertanya solusi kepada petinggi negara khususunya calon presiden sepeti Ganjar Pranowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *