MotoGPOlahraga

FP2 MotoGP Catalunya: Usai Crash, Oliveira Temukan Waktu Terbaik

Kecelakaan yang dialami Miguel Oliveira pada pertengahan Free Practice 2 tak cukup untuk menghalanginya menemukan kecepatan tertinggi. Pembalap RNF itu memimpin tabel waktu di Sirkuit Barcelona, Sabtu (2/9/2023).

BANDARJITU.NEWS – Duo Pramac Racing bergantian mencetak waktu pertama. Johann Zarco digantikan Jorge Martin menduduki peringkat pertama.

Baru lima menit, Marc Marquez menemukan rintangan. Pembalap Repsol Honda berjalan di gravel Tikungan 1. Keadaan itu tentu membuat seisi garasinya tegang. Pilot Spanyol itu lewat jalur belakang untuk kembali ke pit. RC213V sepertinya kehilagan tenaga sehingga harus didorong marshal ketika masuk pit lane.

Aleix Espargaro melesat ke posisi teratas tapi kemudian disingkirkan lagi oleh duo Pramac. Semenit kemudian, giliran pasangan Aprilia yang menguasai dua teratas. Pilot tertua di grid itu membukukan 1:40,400.

RNF Racing menemui mimpi buruk. Miguel Oliveira tiba-tiba terjatuh saat akan belok di Tikungan 5 karena bagian depan motornya terkunci. Ia tampak berlutut dan dihampiri tim medis. Sementara, rekan setimnya Raul Fernandez mengalami masalah teknis.

Melewati 10 menit, Zarco kembali ke puncak setelah mencetak 1:40,377. Zona empat besar dikuasai perwakilan Pramac dan Aprilia.

Francesco Bagnaia tampak marah dengan Pol Espargaro yang melambat di Tikungan 10. Jelas itu mengganggu upayanya meraih waktu tercepat. Ia berada di urutan ketujuh dengan gap 0,408 detik dari Zarco.

Sampai setengah sesi, Fabio Quartararo yang paling cepat di antara pengendara motor Jepang, yakni P10 diikuti Takaaki Nakagami di P16, Franco Morbidelli P17, Joan Mir P19, Marc Marquez dan Iker Lecuona di urutan ke-20 dan 21.

Marco Bezzecchi berada di posisi terbawah dan mengalami crash di Tikungan 6 saat sisa 11 menit.

Baca Juga  Hasil Piala Asia 2023, Timnas Thailand Nodai Debut Kirgiztan

Makin siang, timbul banyak awan kelabu. Bahkan, Aleix Espargaro sempat memberi isyarat kepada marshal untuk mengibarkan bendera yang menandakan hujan turun. Lambatnya respons marshal membuatnya kesal.

Fabio Quartararo sedikit tergelincir di Tikungan 1 tapi bisa menghindari kecelakaan dengan melebar keluar trek. Pembalap Yamaha itu pun menunjukkan gestur marah.

Oliveira yang sempat jatuh, kembali lagi dengan motor kedua dan menunjukkan kecepatan di lima menit terakhir. Ia bahkan melesat ke peringkat kelima usai mencetak 1:40,201, di antara Alex Marquez dan Martin.

Bendera hujan mulai dikibarkan pada tiga menit terakhir. Saat itu, Oliveira mengambil alih peringkat pertama dengan 1:40,201.

Zarco menjadi korban Tikungan 5 pada sisa satu detik. Pembalap Prancis itu membuat motornya rusak

Sumber : https://id.motorsport.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *