HighlightsMinggu IniOtomotif

Formula E dan WSBK ‘Coret’ Balapan di Indonesia Tahun Depan

BANDRAJITU.NEWS – Dua balapan kelas dunia yang sedianya digelar di Indonesia menghapus nama Indonesia dari jadwal sementara. Balapan mobil listrik Formula E tidak menyertakan nama Jakarta sebagai tuan rumah 2024 di kalender sementaranya. Begitu juga World Superbike (WSBK) yang mencoret Mandalika dari kalender sementara musim depan.

Formula E belum lama ini merilis kalender sementara untuk musim 2024. Sesuai kalender sementara itu, Jakarta absen dalam kalender balap Formula E musim depan.

Satu hal utama yang membuat Jakarta dicoret dari kalender Formula E 2024 adalah berbarengan dengan adanya kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu), sebagaimana diinformasikan dalam laman resmi FIA Formula E. Meski begitu, pihak FIA kabarnya tengah menjajaki tanggal alternatif penyelenggaraan Formula E Jakarta.

“Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan berlangsung menyusul pengumuman masa kampanye pemilihan presiden Indonesia yang kebanyakan berlangsung pada bulan Juni. Hal ini akan berdampak pada logistik untuk menyelenggarakan balapan di jalanan Ibu kota pada waktu yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan untuk mengadakan balapan di kota ini pada tanggal alternatif,” demikian bunyi keterangan resmi Formula E.

Masih Ada Kesempatan

Meski begitu, masih ada kesempatan Formula E kembali digelar di Jakarta. Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Taufik Zoelkifli mengatakan Formula E Jakarta masih bisa digelar tahun depan. Namun dengan syarat, tanggal balapannya diubah agar tak bentrok dengan Pemilu. Dia menegaskan, Ibu Kota belum dicoret dari ajang balap mobil listrik tersebut tahun depan. Semuanya masih dalam tahap komunikasi antara JakPro dan FEO.

Sementara itu, WSBK Indonesia yang sedianya digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika juga tak ada di kalender sementara 2024. Kalender sementara WSBK 2024 hanya menampilkan Australia sebagai tuan rumah di luar Eropa. Sisanya balapan WSBK 2024 digelar di Eropa.

Baca Juga  Gunung Semeru Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.300 Meter

Namun lagi-lagi, kalender itu masih bersifat provisional atau sementara. Artinya, masih ada kesempatan juga WSBK kembali digelar di Mandalika.

Menurut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, jadwal ini masih bersifat perkiraan, bukan jadwal yang sudah pasti. Priandhi menyebut, jadwal yang dikeluarkan Dorna Sport itu bisa berubah pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024. Perubahan jadwal dilakukan tergantung cuaca, logistik, hingga keamanan suatu negara.

“Jadwal itu bisa berubah juga. Makanya namanya provisional belum diputus. Hampir di semua jadwalnya Dorna provisional kadang-kadang awal tahun direvisi lagi,” ujar Priandhi.

 

 

 

 

SUMBER : DETIK.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *