Politik

Demokrat Sebut Ada Kesepakatan Politik Anies Baswedan dan Gus Imin

BANDARJITU.NEWS – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya membenarkan adanya kesepakatan politik antara Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Gus Imin. Kesepakatan tersebut diprakarsai oleh Partai Nasdem dan PKB.

Teuku mengaku mengetahui kabar tersebut dari Sudirman Said. Kemudian, pihaknya mengonfirmasi langsung kepada Anies Baswedan sebagai capres yang telah mereka deklarasikan dukungannya. “Hari ini, kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan, ia mengomfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar,” kata Teuku, Kamis (31/8/2023).

Sebagai partai politik yang telah tergabung dalam Koalisi Perubahan, Teuku menyebut, Demokrat dipaksa untuk menerima keputusan tersebut. “Menyikapi hal itu, Partai Demokrat akan melakukan rapat Majelis Tinggi Partai untuk mengambil keputusan selanjutnya. Sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat 2020, kewenangan penentuan koalisi dan capres/cawapres ditentukan oleh Majelis Tinggi Partai,” ucapnya.

Sebelumnya, Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Jombang pada Kamis (31/8/2023). Dalam kunjungan yang singkat tersebut, Anies menyempatkan diri untuk berziarah ke empat makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan bertemu atau sowan ke sejumlah tokoh di sana.

Salah satunya, Ibunda dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Nyai Hj. Muhassonah Hasbullah di Kompleks Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang dengan ditemani istrinya, Fery Farhati.

Dengan mengenakan baju koko putih dan peci hitam, Anies menjelaskan tujuannya menemui ibunda dari Gus Imin –sapaan akrab Muhaimin Iskandar– yakni untuk silaturahmi sekaligus meminta doa untuk hajat-hajatnya. Setelah berbincang santai, Nyai Hj. Muhassonah Hasbullah pun berdoa untuk Anies.

Doa berbahasa Arab yang lumayan panjang dibaca Nyai Hj. Muhassonah Hasbullah disimak dengan khidmat oleh Anies yang duduk di sebelah kanannya. Sesekali Anies dan Fery terdengar mengucapkan kata amin di sela-sela doa yang dipanjatkan perempuan berusia 84 tahun tersebut.

Baca Juga  Implikasi Terhadap Dinamika Politik Demokrat

“Setelah berdoa dan berbincang dengan penuh akrab, tidak banyak kalimat yang disampaikannya, yang pasti agenda tersebut melengkapi rangkaian kegiatan selama di Jombang,” kata Anies melalui keterangan tertulisnya.

Sumber : https://nasional.sindonews.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *