Politik

Debat Akhir Pilpres 2024

BANDARJITU.NEWS – Debat Akhir Pilpres 2024 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat akhir Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kegiatan yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) akan diselenggarakan pada 4 Februari 2024.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, pada debat ketiga calon presiden (capres) nanti. Prabowo Subianto sebagai paslon nomor urut 2 akan lebih dulu memulai melakukan pemaparan.

“Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari paslon nomor urut 1, jadi nanti akan dimulai dari paslon nomor urut 2 dalam hal ini calon presiden ya dari paslon nomor urut 2 Pak Prabowo Subianto,” kata Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

Selain itu, Mellaz memastikan, untuk segmen pada debat akhir Pilpres nanti tidak akan adanya perubahan yakni dibagi menjadi dalam enam segmen.

“Memang sempat ada usulan bagaimana kalau kemudian ada penambahan khusus segmen closing statement yang sebelumnya durasinya dua menit, disamakan dengan penyampaian visi misi 4 menit, nah itu yang nanti kami bicarakan di tingkat pimpinan,” ujarnya.

Rapat

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI baru saja melakukan pertemuan atau rapat dengan masing-masing tim paslon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan bersama pihak televisi penyelenggara. Hal ini dilakukan terkait dengan persiapan debat Pilpres 2024 akhir.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, untuk debat ketiga calon presiden (capres) nanti akan digelar pada 4 Februari 2024, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

“Kemudian penyelenggara debat itu, TV One, ANTV, Net TV. Kemudian tema debatnya, tema besarnya itu kami sepakati Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM dan Inklusi, ini tema besarnya. Sedangkan sub temanya yang pertama Pendidikan, yang kedua Kesehatan, yang ketiga Ketenagakerjaan, yang keempat Kebudayaan, yang kelima Teknologi Informasi dan yang keenam Kesejahteraan Sosial dan Inklusi,” kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

Baca Juga  Anies Pamer Prestasi Tutup Alexis Hanya dengan Selembar Kertas

Moderator

Kemudian, untuk moderator yang akan mengisi pada debat nanti yaitu Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Keduanya merupakan jurnalis dari TvOne.

Lalu, terkait dengan tema-tema yang akan dibawakan saat debat nanti lebih dulu disusun menjadi dalam bentuk pertanyaan oleh sejumlah panelis yang sudah ditunjuk berjumlah 12 orang.

“Jadi kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 12 orang panelis yang nanti akan terlibat dalam menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk debat yang ke-5 mendatang sesuai dengan enam tema yang sudah kami tetapkan,” ujarnya.

Sumber : https://www.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *