PolitikUnggulan

Dapat Pujian Usai Debat Cawapres Gibran, Makanya Bikin Berita Jangan Jelek Terus

BANDARJITU.NEWS-Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menanggapi soal dirinya yang mendapat pujian dan sentimen positif dari sejumlah masyarakat, usai tampil dalam debat cawapres. Padahal, sebelummya banyak yang meremehkan Gibran di debat Pilpres 2024.

“Ya makanya kalau bikin berita jangan yang jelek-jelek terus ya,” kata Gibran usai blusukan di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2023).

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka

Debat perdana cawapres 2024 atau debat kedua Pilpres 2024 berlangsung panas dan seru di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Jumat (22/12/2023).

Adapun debat cawapres 2024 ini mengambil tema “Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Layaknya debat perdana Capres 2024 sebelumnya, debat cawapres 2024 juga menarik perhatian warganet di media sosial.

Mengutip laporan MediaWave, Sabtu (23/12/2023), total percakapan media sosial terkait dengan debat cawapres (sudah dibersihkan dari bot) adalah sebanyak 6,848.

CEO MediaWave, Erik Palupi, mengatakan, “persentase percakapan didominasi oleh penyebutan terhadap Gibran Rakabuming atau paslon 02 sebanyak 46,4 persen.”

“Data ini diikuti oleh Muhaimin Iskandar atau paslon 01 sebanyak 27,9 persen lalu terakhir Mahfud MD atau paslon 03 sebanyak 25,6 persen,” ujarnya.

Erik menyebutkan, salah satu yang mencuri perhatian netizen adalah penampilan Gibran. “Dia berhasil menunjukkan penampilan mengejutkan dan menjanjikan,” katanya.

Sepanjang debat cawapres 2024 semalam, banyak warganet memberikan respons positif dan pujian terhadap Gibran Rakabuming.

“Respons positif ini juga mendorong terbentuknya percakapan positif berkembang di media sosial ke arah topik lebih luas, yakni pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran, dengan jumlah percakapan positif mencapai 43 persen,” tutur Erik.

Sejumlah keyword paling sering muncul dalam percakapan netizen terhadap Gibran Rakabuming adalah “muda”, “milenial”, “menjanjikan”, “gak nyangka”, “diluar dugaan” dan “ciamik”.

Baca Juga  18 Parpol Di Cilegon Deklarasi Pemilu Damai 2024

“Keyword ini menunjukkan penampilan Gibran dinilai melampaui harapan, menandai dia sebagai figur muda kerap diremehkan namun sebenarnya memiliki kemampuan dan pemahaman mendalam,” katanya.

Netizen mengungkapkan, penampilannya tidak hanya menarik secara visual tetapi juga substansial, terutama dalam memahami dan mengartikulasikan permasalahan ekonomi domestik dalam konteks global saling terkoneksi.

Cara Gibran menganalisis masalah ekonomi dan mengolahnya menjadi solusi inovatif dan relevan dinilai sebagai pendekatan segar dan paling sesuai untuk menghadapi tantangan ekonomi modern.

“Hal ini menunjukkan bahwa Gibran Rakabuming memiliki pemikiran kreatif dan solutif, membuatnya menonjol sebagai anak muda mampu membawa perubahan positif dan signifikan.”

Secara keseluruhan, Gibran Rakabuming diklaim tampil di luar dugaan, baik dalam penguasaan materi dan penguasaan emosi. Dia juga mampu memberikan visi ke depan secara terukur tentang bagaimana menjawab tantangan global dengan melibatkan anak muda.

Debat Cawapres, Gibran Dinilai Berhasil Jawab Keraguan Publik

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka tampil meyakinkan selama berlangsungnya debat Cawapres, di JCC, Senayan, pada Jum’at (22/12/2023).

Gibran Rakabuming dinilai berhasil menjawab berbagai pertanyaan dengan sangat percaya diri dan menuai respons yang baik dari para peserta acara debat.

Pengamat politik senior dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin pun menilai, penampilan Cawapres Gibran Rakabuming saat menyampaikan visi-misi di debat cawapres perdana di luar prediksi.

Ujang menilai, penampilan wali kota Solo itu pun berhasil menjawab keraguan banyak pihak tentang dirinya.

“Saya melihat sesuatu yang sangat menarik,” kata Ujang kepada awak media, seperti dikutip Sabtu (23/12/2023).

Ujang mengamini, debat awalnya dipandang tidak menarik dan biasa-biasa saja. Publik merasa ragu akan ada kejutan, terlebih dari sosok Girban.

Baca Juga  Jokowi Bertemu SBY Di Istana Bogor

“Tapi ternyata semua sangat oke, titik tekannya ada pada visi misinya,” ujar Ujang.

Menurut Ujang, Gibran tampil dengan santai, namun tetap berhasil menunjukan sisi serius. Terlebih pada segmen pertama debat.

“Keraguan-keraguan ini pun terjawab, apa yang disampaikan Gibran tampil bebas dan rileks,” ungkap Ujanc.

“Gibran gayanya itu serius tapi itu menjawab keraguan,” Ujang menandasi.

Jual Beli Pertanyaan

Sebagai informasi, debat semalam berlangsung hangat. Baik Gibran, calon wakil presiden lainnya yaitu Gus Muhaimin dan Mahfud MD juga saling jual beli pertanyaan.

Diketahui, tema debat tadi malam adalah ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, pajak dan tata kelola APBN/APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *