OlahragaSepak Bola

Atalanta Juara usai Putus Rekor Tak Terkalahkan Bayer Leverkusen

BANDARJITU.NEWS – Atalanta Juara usai Putus Rekor Tak Terkalahkan Bayer Leverkusen. Klub Serie A Atalanta resmi keluar sebagai juara Liga Europa 2023/2024. Kepastian ini didapat setelah La Dea mengalahkan sang juara Bundesliga, Bayer Leverkusen, dalam laga final yang digelar di Aviva Stadium pada Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Adalah Ademola Lookman yang jadi pahlawan kemenangan Atalanta di laga tersebut. Dia mencetak hattrick pada menit ke-12, 26, serta 75 yang mengantar timnya menang 3-0 atas skuad racikan Xabi Alonso.

Hasil ini sekaligus memastikan Atalanta merengkuh gelar Eropa perdana mereka sepanjang sejarah. La Dea juga kian menegaskan kelayakannya untuk melangkah ke Liga Champions musim depan, meski mereka pun saat ini sudah ada di 5 besar klasemen Serie A yang jadi zona lolos Champions League.

Sementara itu bagi Bayer Leverkusen, catatan minor di pertandingan melawan Atalanta membuat rekor tak terkalahkan mereka musim ini sirna begitu saja.

Seperti diketahui, Leverkusen sebelumnya tak sekali pun ditumbangkan lawan di berbagai kompetisi musim ini. Mereka bahkan berhasil merengkuh predikat juara Liga Jerman setelah menyelesaikan 34 pertandingan tanpa kekalahan.

Praktis La Dea jadi tim pertama yang berhasil memaksa Leverkusen menelan hasil minor di kampanye 2023/2024. Atalanta juga menggagalkan harapan tim Jerman meraih treble musim ini, dengan mereka tinggal memiliki satu laga final untuk dimainkan di DFB Pokal pada Minggu (26/5/2024).

Jalannya Laga Atalanta vs Bayer Leverkusen

Menilik jalannya pertandingan, Atalanta memang berhasil menunjukkan dominasi atas Bayer Leverkusen sejak permulaah laga. Terbukti, klub Italia mampu membuka keunggulan pada menit 12 usai Ademola Lookman menuntaskan umpan tarik dari Davide Zappacosta.

Bayer Leverkusen coba mengejar ketertinggalan. Namun mereka justru kebobolan di menit 26. Adalah Lookman yang lagi-lagi menjadi momok bagi lini pertahanan Bayer Leverkusen.

Baca Juga  Hasil BWF World Tour Finals 2023 Sabtu 16 Desember, Siapa Lolos ke Final?

Eks pemain Everton itu membobol jaring Matej Kovar untuk kedua kalinya melepas tembakan melengkung ke tiang jauh dari luar kotak penalti. Skor sementara berubah 2-0.

Pasukan Xabi Alonso tak mampu berbuat banyak untuk mengejar ketertinggalan. Walau sudah berupaya meningkatkan intensitas serangan, Leverkusen masih belum bisa mencetak satu gol pun di sisa waktu babak pertama. Alhasil kedudukan 2-0 bertahan sampai turun minum.

Kebuntuan Leverkusen tak kunjung pecah memasuki babak kedua. Padahal, Alonso telah coba membuat perubahan dengan memasukkan striker Victor Boniface sebagai pengganti Josip Stanisic pasca jeda.

Malah Atalanta yang berhasil memperlebar selisih jarak pada menit 75. Ademola Lookman benar-benar menjadi mimpi buruk Bayer Leverkusen setelah melesakkan hattrick lewat tendangan kaki kiri yang memanfaatkan umpan Gianluca Scamacca.

Tak ada gol baru yang tercipta di sisa pertandingan. Bayer Leverkusen kehabisan waktu untuk mencetak angka hiburan, sehingga laga berakhir 3-0 untuk kemenangan Atalanta di final Liga Europa 2023/2024.

Susunan Pemain Atalanta vs Bayer Leverkusen

Atalanta: Juan Musso; Berat Djimsiti, Isak Hien, Sead Kolasinac; Davide Zappacosta, Teun Koopmeiners, Ederson, Matteo Ruggeri; Charles De Ketelaere, Gianluca Scamacca, Ademola Lookman

Bayer Leverkusen: Matej Kovar; Edmond Tapsoba, Jonathan Tah, Piero Hincapie; Josip Stanisic, Granit Xhaka, Exequiel Palacios, Alex Grimaldo; Jeremie Frimpong, Florian Wirtz; Amine Adli

Sumber : https://www.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *