Minggu IniTravel

Apa Istimewanya Kereta Suite Class Compartment?

BANDARJITU.NEWS – Kereta Suite Class Compartment diresmikan. Harga tiketnya tak jauh beda dengan pesawat. Lantas, apa istimewanya?
Banyak traveler yang menyebut harga tiket kereta kelas ini cukup mahal dan membandingkannya dengan moda transportasi lain.

Kereta Suite Class Compartment dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp dan KA Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp. Terdiri dari satu rangkaian gerbong dan merupakan satu tingkat di atas kelas Luxury, yakni kelas tertinggi sebelumnya.

Dalam pembukaannya, PT KAI membuka harga promo sebesar Rp 1,95 juta untuk pemesanan periode 10-31 Oktober 2023. Kendati merupakan harga promo, banyak pihak yang menyebut harganya cukup mahal.

Di platform media sosial X (dahulu Twitter) misalnya, terdapat cuitan viral yang membandingkannya dengan kereta Berlin Express.

Selain itu, banyak juga yang membandingkannya dengan moda transportasi lain, sebut saja pesawat. Dengan harga sekitar Rp 847 ribu, traveler sudah bisa mendapatkan tiket pesawat termurah dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Juanda Surabaya.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menjelaskan bahwa Kereta Suite Class Compartment ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding moda transportasi misalnya pesawat. Salah satu yang ia janjikan adalah terkait ketepatan waktu.

“Masing-masing transportasi mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Dan kereta api dengan ketepatan waktu. Sekarang ketepatan waktu keberangkatan itu sekitar 97 persen, bahkan terkadang mencapai 99,6 persen. Ini merupakan salah satu nilai jual,” ujar Didiek saat diwawancarai di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023).

Efisiensi waktu ini ia sebut masih menjadi daya tarik utama dari KA. Ia menyebut jika naik KA, waktu tempuh akan benar-benar efisien dan jarang mengalami delay.

Baca Juga  Dokter Saraf Ungkap Beda Kesemutan Biasa Vs Gejala Stroke

“Kedua, waktu tempuh penumpang. Jakarta-Yogyakarta katanya enam jam, dan kereta api kami jamin tepat waktu. Sehingga 6 jam itu betul-betul dari Gambir sampai ke Stasiun Tugu. Jadi destination to destination. Ini yang memberikan suatu kenyamanan. Maka ini betul-betul kalau misalnya dibandingkan sama pesawat, kondisi pesawat kan kadang-kadang masih (delay),” imbuhnya.

Selain itu ia menyebut, kondisi masyarakat yang masih banyak takut menaiki pesawat menjadi daya tarik tersendiri bagi moda kereta api.

Terkhusus kereta Suite Class Compartment, daya tarik utamanya ada di experience menaiki transportasi publik secara private. Dengan hadirnya ruangan tersendiri, para penumpang Suite Class Compartment akan dapat bepergian dengan nyaman dan tenang.

Ia juga menyebut fasilitas entertainment yang ada di Train Onboard Infotainment System, serta berbagai fitur tambahan lainnya menjadi daya tarik tersendiri untuk kereta kelas ini.

Adapun fasilitas yang ada di Kereta Suite Class Compartment meliputi WiFi gratis, televisi yang dapat menyetel film populer, kanal nasional, meja lipat yang dapat digunakan sebagai meja kerja, hingga makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *