Sepak Bola

AFF Gelar Kejuaraan Antarklub

BANDARJITU.NEWS – AFF Gelar Kejuaraan Antarklub menggandeng e-commerce Shopee untuk menggelar kompetisi klub bertajuk ASEAN Shopee Cup. Indonesia akan mendapat dua tempat untuk ajang ini.

Pada keterangan resmi AFF, ASEAN Shopee Cup akan menggunakan format liga dengan kualifikasi dan penyisihan grup. Nantinya turnamen ini akan diikuti 12 klub Asia Tenggara yang mempertandingkan 40 pertandingan dalam satu musim.

“Hari ini menandai tonggak monumental lainnya dalam sepak bola ASEAN. Shopee Cup akan sangat penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN danmengubah permainan di wilayah tersebut,” kata Presiden AFF Khiev Sameth, Kamis (4/4/2024).

“Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi bagi wilayah ini, membawa klub untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan ASEAN lokal yang terkenal secara global dan mitra gelar pertama ASEAN Club Championship,” tambahnya.

Jatah Peserta ASEAN Club Championship

Shopee Cup dijadawalkan bergulir mulai tahun ini pada 17 Juli hingga 21 Mei 2025 mendatang. Peserta dari gelaran turnamen ini diambil berdasarkan tim yang menjadi juara di setiap kompetisi liga.

Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam akan memperoleh dua slot (juara dan runner-up) yang otomatis tanpa melalui tahap kualifikasi. Dua tempat lainnya akan diisi juara Filipina dan Singapura.

Sedangkan untuk dua slot tersisa diperebutkan oleh juara Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Laos melalui babak play-off.

Format Gugur ASEAN Shopee Cup

Nantinya 12 tim peserta dibagi ke dua grup yang masing-masing berisi enam tim. Penghuni dua posisi teratas kemudian melaju ke babak gugur yang menggunakan sistem gugur.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan AFF sebagai sponsor utama Shopee Cup perdana. Shopee Cup mempersembahkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan penggemar di seluruh kawasan Asia Tenggara dan terlibat dengan kaum muda,” kata Direktur Komersial Shopee Zhou Jun Jie.

Baca Juga  Penyesalan Mbappe Usai PSG Disingkirkan Dortmund

Sumber : Bola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *