Travel

Ada Mudik Gratis BUMN 2024 Kuota 80.000 Kursi

Bandarjitu.news – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan program mudik gratis BUMN akan dijalankan lagi pada momen Idul Fitri atau Lebaran 2024 ini. Bahkan, jumlah kuota mudik gratis yang disediakan lebih banyak dari sebelumnya. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, program itu sudah direncanakan. Kali ini, pihaknya menyiapkan kuota untuk 80.000 orang, lebih tinggi sekitar 15.000 dari mudik gratis tahun lalu.

Ada Mudik Gratis BUMN 2024 Kuota 80.000 Kursi

Arya mengatakan, mudik gratis BUMN ini berlaku untuk hampir semua moda transportasi. Mulai dari transportasi darat menggunakan bus, kereta api, hingga kapal laut. Sementara itu, tidak ada mudik gratis untuk angkutan pesawat.

Kuota Tahun Lalu

Perlu diketahui, pada momen Lebaran 2023 lalu, Mudik Gratis BUMN dibuka untuk 65.603 orang yang mendaftar. Ini dibagi kepada 4 jenis moda transportasi. Tahun lalu, ada 76 BUMN dan anak usaha yang ikut serta dengan koordinasi dibawah PT Jasa Raharja.

Rinciannya, 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.

“Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Rabu (14/3/2023) lalu.

Pakai Kereta Api

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana untuk mengadakan kembali mudik gratis pada momen Idul Fitri atau Lebaran tahun ini. Ini jadi program rutin yang dijalankan oleh pemerintah dan BUMN.

VP Public Relation KAI Joni Martinus memastikan program mudik gratis akan kembali diselenggarakan. Menurutnya, ini jadi kesepakatan bersama Kementerian dan instansi terkait lainnya.

“Program mudik gratis dengan menggunakan layanan kereta api pada masa angkutan lebaran merupakan program rutin yang dilaksanakan antara pihak ketiga (Kementerian, Pemda atau Instansi lainnya) bersama KAI,” ujar Joni kepada Liputan6.com, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga  PUAN Sebut Kinerja Erick Thohir Sangat Efektif

Dia menjelaskan, mekanisme pelaksanaannya dilakukan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak-pihak terkait. Nantinya, akan ditentukan juga sejumlah persyaratan bagi calon pemudik untuk mengikuti program ini.

“Dimana mekanisme kerjasamanya ditentukan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS), termasuk didalamnya persyaratan calon penumpang yang mendapatkan tiket mudik gratis tersebut,” jelas Joni.

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *