PolitikViral

Ketua Komisi II DPR: Secara De Jure RI Punya 2 Ibu Kota, Jakarta & Nusantara

BANDARJITU.NEWS – DPR dan pemerintah telah melakukan pengambilan keputusan tingkat I terhadap Revisi Undang-Undang Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk dibawa ke paripurna. Ahmad Doli Kurnia berkata saat ini secara hukum Indonesia memiliki dua ibu kota, yakni DKI Jakarta dan Nusantara.

“Memang tentu kami juga sudah menyampaikan kepada pemerintah untuk segera melakukan revisi Undang-Undang DKI, karena de jure, de jure sekarang kita punya dua Ibu Kota sebetulnya, Jakarta dan kemudian Nusantara itu,” kata Doli usai rapat Komisi II DPR dengan pemerintah, Selasa (19/9/2023).

Ahmad Doli Kurnia menyebut, rencana revisi Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta perlu dilakukan. Ia meminta pemerintah segera mengusulkan perubahannya.

Dengan sudah ditegaskannya kemudian disepakatinya undang-undang ini lebih sempurna lagi, seharusnya pemerintah segera melakukan usulan untuk melakukan perubahan Undang-Undang tentang DKI Jakarta.

Bentuknya seperti apa kita belum tahu. Kita baru nanti akan membahasnya kalau nanti usulan dari pemerintah itu disampaikan. Tapi, kami sudah menyampaikan kepada pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri agar Undang-Undang DKI Jakarta itu untuk segera direvisi,” sambungnya.

Ia kemudian menjelaskan progres RUU Daerah Khusus Jakarta yang disebut belum masuk ke DPR. Doli berharap pemerintah bisa segera merevisi undang-undang tersebut.

Sumber : https://news.detik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *